vadakkuvaasal.com

Begini Kekurangan Motor Listrik Pakai Swap Baterai

Electrum siapkan ratusan titik swap baterai di Jakarta.
Lihat Foto

JAKARTA, – Sejumlah merek sepeda motor listrik mengadopsi baterai berjenis swap alias bisa ditukar pasang sesuai kebutuhan.

Salah satu kelebihan baterai swap adalah pengguna bisa memakai motor listrik dengan jarak lebih jauh, karena pengguna dapat menukar baterai di swap station.

Selain itu, konsumen juga tidak perlu menunggu lama saat mengecas, karena prosesnya tinggal menukar baterai. Seperti diketahui, motor listrik butuh waktu tidak sebentar saat mengisi daya.

Baca juga: Catat, Ini Provinsi yang Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan Mei 2024

Motor listrik Rakata Motorcycle hadir dengan dua model, yakni Rakata X5 dan Rakata S9Dok. Rakata Motorcycle Motor listrik Rakata Motorcycle hadir dengan dua model, yakni Rakata X5 dan Rakata S9

Meskipun terbilang praktis, rupanya model baterai ini punya beberapa kekurangan. Hal ini diungkap M. Hirman, Sales Manager PT Artas Rakata Indonesia di Jakarta (30/4/2024).

“(Pakai baterai swap) itu berisiko sebenarnya. Karena ketika pakai baterai swap banyak menjadi masalah,” ujar Hirman di Jakarta (30/4/2024).

Hirman mengatakan, konsumen motor listrik berjenis apapun biasanya mendapatkan baterai keluaran baru ketika motor sampai di rumah.

Baca juga: Ingat, Posisi Tuas Transmisi Matik yang Benar Saat Macet

Namun bagi konsumen motor listrik swap baterai, baterai baru itu mungkin tak bertahan lama. Karena saat dayanya habis, baterai bakal ditukar dengan baterai lainnya di swap station.

“Pas ganti baterai, di tempat kabinet dapat baterai soak. Kira-kira gimana? Pengaruh ke performa. Apakah bisa dapat baterai baru lagi? Belum tentu. Banyak protes seperti itu,” ucap Hirman.

“Yang baterainya tiba-tiba nyangkut tidak keluar di kabinet. Karena itu sudah menjadi risiko baterai swap,” kata dia.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat