vadakkuvaasal.com

Cara Mengatasi Transmisi Mobil Matik Delay

Tuas transmisi Daihatsu Ayla ada huruf B
Lihat Foto

SLEMAN, - Salah satu masalah pada transmisi matik adalah ‘delay’, yaitu kondisi saat posisi tuas persneling sudah di D tapi mobil tidak kunjung melaju.

Pada tingkat kerusakan ringan, begitu suhu mesin sudah mulai panas mobil bisa melaju. Terkadang perlu dipancing dengan memindahkan tuas matik ke posisi percepatan rendah terlebih dulu.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan ada dua cara untuk memperbaiki transmisi matik dengan keluhan tersebut yakni overhaul (OH) AT atau cara alternatif dengan menggunakan zat aditif matik.

Baca juga: Cara Mudah Bedakan Suara Dengung dari Mesin atau Transmisi

Transmisi mobil transmisi matik/Gilang Transmisi mobil transmisi matik

“Overhaul bisa menjadi solusi final karena akan dilakukan penyegaran seal kit AT secara menyeluruh, dan pengecekan komponen lainnya, sedangkan penggunaan aditif matik sebenarnya bertujuan melunakkan seal saja,” ucap Hardi kepada , Jumat (3/5/2024).

Hardi mengatakan semua komponen matik akan dibongkar, dibersihkan, serta diukur saat proses overhaul. Bila mana ditemukan komponen atau part yang sudah tidak sesuai dengan spesifikasinya maka akan diinformasikan ke pelanggan untuk diganti.

Sedangkan cara alternatifnya yakni dengan menambahkan zat kimia ke dalam oli matik, sehingga komposisi oli matik tidak lagi sebagai fluida tetapi juga sebagai pelunak karet-karet di dalam komponen AT menurut Hardi.

Baca juga: Ingat, Posisi Tuas Transmisi Matik yang Benar Saat Macet

Seal piston forward clutch pada transmisi matikSonnax.com Seal piston forward clutch pada transmisi matik

“Bila memang masalahnya hanya karena seal AT yang kurang lentur, maka dengan metode ini bisa menyembuhkan tapi bila kerusakan sudah sampai membuat kelompok kampas kopling aus tidak akan sembuh,” ucap Hardi.

Sementara itu tingkat kerusakan seal bisa bermacam-macam menurut Hardi, yakni mengeras, getas, melejit, sobek dan putus. Metode menambahkan aditif matik hanya akan efektif menyembuhkan seal yang sudah keras.

“Seal matik yang keras cenderung tidak bisa mengembang dengan baik saat mendapatkan tekanan oli, sebagian oli hanya melewatinya sehingga piston tidak menekan dengan optimal,” ucap Hardi.

Tekanan piston yang tidak optimal ini cenderung membuat kampas kopling selip dan memicu keausan. Sehingga bila gejala delay tidak segera ditangani bisa memperparah kerusakan menurut Hardi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat