vadakkuvaasal.com

Penyebab Tuas Transmisi Mobil Matik Macet, Cek Bagian Ini

Transmisi DCVT Rocky
Lihat Foto

TANGERANG, - Performa transmisi matik dapat menurun seiring pemakaian. Salah satunya yang sering terjadi yakni tuas transmisi macet saat hendak dipindahkan.

Masalah ini tentu dapat mengganggu mobilitas konsumen karena pengoperasian mobil menjadi terhambat karena mobil tidak bisa dijalankan dengan normal.

Agus Setiawan, Pemilik Sriyatin Car Ciledug, Tangerang, mengatakan, bila fungsi shift lock bermasalah maka pengoperasian tuas transmisi matik bisa terganggu.

Baca juga: Efek Buruk Sering Menggeser Tuas Transmisi Mobil Matik


“Ada sistem pengaman yang menjaga tuas matik tidak bergeser tanpa disengaja atau tersenggol, sistem tersebut dinamakan shift lock, sehingga perpindahan terkunci bila syarat untuk bisa menggeser tuas tidak terpenuhi ” ucap Agus kepada , Jumat (3/5/2024).

Agus mengatakan kerusakan sistem shift lock biasa terjadi karena ujung kawat penghubung antara tombol shift yang ada di tuas transmisi dengan kunci kontak patah. Sehingga, saat tombol ditekan tidak bisa membebaskan pengunci sepenuhnya.

“Sama saja tombol tuas belum dipencet, sehingga tuas transmisi macet sebagaimana mestinya sistem mengatur perangkat tersebut, ketika mekanikal atau kawatnya rusak maka shift lock akan bekerja tidak normal, kadang bisa kadang macet,” ucap Agus.

Baca juga: Cara Mengatasi Transmisi Mobil Matik Delay

Tuas transmisi Daihatsu Ayla ada huruf B/STANLY RAVEL Tuas transmisi Daihatsu Ayla ada huruf B

Agus mengatakan secara prinsip kerja, tuas matik memang tidak akan bisa digeser ketika kunci kontak dicabut oleh pengemudi. Untuk menggesernya, pengemudi harus menekan lubang shift lock di dekat tuas dengan anak kunci.

“Cara ini biasa dilakukan ketika hendak parkir paralel, sehingga saat mobil ditinggalkan masih bisa digeser untuk memberikan jalan kepada kendaraan lain, itu sebabnya tuas transmisi dikaitkan dengan kunci kontak,” ucap Agus.

Solusi untuk memperbaiki tuas matik macet karena sistem shift lock rusak bisa mengganti kabel mekanikalnya atau untuk sementara diperbaiki seadanya.

Baca juga: Cara Mudah Bedakan Suara Dengung dari Mesin atau Transmisi

Release button pada tuas transmisi mobil matik/STANLY RAVEL Release button pada tuas transmisi mobil matik

Agus mengatakan dengan diperbaiki bisa menjadi solusi tanpa harus mengganti kawat penghubung shift lock yang harganya cukup mahal untuk harga seutas kawat penghubung.

“Garansi sembuh, kalau tidak sembuh ya tidak usah bayar, itu bisa menjadi solusi sementara sih, tapi kalau bertahan cukup lama ya apa boleh buat, jadi bisa dipakai terus” ucap Agus.

Meski tidak diberikan garansi, Agus mengatakan biasanya hasil perbaikannya cukup efektif dan awet. Untuk biaya perbaikannya sendiri setiap bengkel mematok harga yang berbeda-beda.

Baca juga: Ingat, Posisi Tuas Transmisi Matik yang Benar Saat Macet

Dua model tuas transmisi mobil matik/OTOMOTIF Dua model tuas transmisi mobil matik

“Sebagian bengkel juga menyarankan untuk menggantinya, karena perbaikan yang paling ideal adalah mengganti onderdil rusak dengan demikian tidak ada risiko di perjalanan,” ucap Agus.

Jadi, ketika tuas transmisi matik terkadang macet kemungkinan penyebabnya adalah mekanisme shift lock. Perangkat ini berupa kawat penghubung antara tombol tuas transmisi dan rumah kunci kontak.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat