vadakkuvaasal.com

Pelat Nomor Khusus dengan Kode ZZ Dibikin Terbatas dan Dijatah

Pelat RF alias kode pelat nomor dewa lama masih banyak di jalan, tapi tidak semuanya palsu
Lihat Foto

JAKARTA, - Pelat Nomor Khusus RF memang jadi polemik, banyak kasus orang sipil memalsukan pelat tersebut dan berlagak arogan di jalan.

Makanya per September 2023, pelat nomor khusus RF sudah tidak berlaku dan diganti dengan ZZ. Penggunaan pelat khusus itu juga dibikin lebih terbatas, tidak sebebas saat pakai kode RF.

Dirregident Korps Lalu Lintas Polri, Brigjen Polisi Yusri Yunus mengatakan, pelat nomor khusus dengan kode Raf dulu bisa sampai Eselon III, sedangkan yang ZZ cuma sampai Eselon II saja.

Baca juga: Percuma Palsukan Pelat Nomor Khusus ZZ, Tetap Kena Ganjil Genap

Belum Lama Diumumkan, Pelat Nomor Dewa Baru Sudah Dipalsukan 
TMC Polda Metro Belum Lama Diumumkan, Pelat Nomor Dewa Baru Sudah Dipalsukan

"Dulu itu bebas mereka, di aturan lama satu orang bisa punya 10 (pelat RF). Makanya dia pakai, anaknua, istrinya, temannya juga pakai," kata Yusri kepada , Minggu (5/5/2024).

Sedangkan buat pelat khusus sekarang yang ZZ, diklaim lebih terbatas dan cuma dipakai di mobil dinas, bukan mobil pribadi. Jadi tidak sembarang orang bisa menggunakan mobil dengan pelat ZZ.

Baca juga: KTM Amankan Pedro Acosta Untuk Musim Depan


"Jadi cuma mobil dinas, yang punya jabatan dan cuma satu saja. Istrinya boleh? Enggak, kan dia enggak dinas, bukan mobil pribadi," kata Yusri.

Buat siapa saja pelat ZZ, Yusri bilang untuk Polri atau TNI, cuma jenderal yang punya jabatan, dari panglima, Kapolri. Lalu ada juga Eselon I dan Eselon II dari berbagai kemeterian dan dinas terkait.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat