vadakkuvaasal.com

Ini Kata Toyota Soal Avanza Hybrid

Toyota All New Avanza-Veloz sendiri mencatatkan total penjualan 11.762 unit atau 15,5 persen dari total pasar otomotif
Lihat Foto

JAKARTA, - Toyota yakin pasar mobil hybrid bakal semakin besar seiring meningkatnya penerimaan electric vehicle (EV). Merek asal Jepang itu juga memberikan isyarat mempersiapkan model baru.

Salah satu model yang mengerucut tersebut ialah Toyota ingin membawa mobil sejuta umat yaitu Toyota Avanza berjantung hibrida.

Baca juga: Begini Cara dan Syarat Mengurus SIM Hilang di Satpas

Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, justru mempertanyakan kabar burung tersebut.

Toyota All New Avanza Nasmoco Toyota All New Avanza

"Itu di berita banyak banget tulisannya. Saya bingung dari mana sumbernya tuh ya. Itu yang saya bingung," kata Henry di Bandung, Jawa Barat, pekan lalu.

Seperti diketahui, bila sebelumnya mobil hybrid hanya diisi mobil kelas medium ke atas, kini mobil-mobil entry level mulai dibekali mesin hibrida agar lebih irit bensin dan ramah lingkungan.

Isu mengenai Avanza Hybrid menyeruak sebab salah satu mobil di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yaitu Mitsubishi Xpander HEV dan Xpander Cross HEV kini mengusung mesin hybrid walaupun baru meluncur di Thailand dan belum masuk Indonesia.

Baca juga: Bengkel Spesialis Ini Kolaborasi dengan 2 Perusahaan dari Malaysia

Sejak 2022, Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga telah menghadirkan Suzuki Ertiga Hybrid. Bedanya dengan Xpander HEV, produk Suzuki masih berteknologi mild hybrid atau dijuluki smart hybrid.

Toyota All New Avanza Nasmoco Toyota All New Avanza

Meski tertutup mengenai kebenaran Avanza Hybrid, Henry tak menampik bahwa Toyota ingin memasuki banyak segmen.

"Yang pasti gini, kita itu Toyota selalu ingin mempercepat perpindahan dari kendaraan ICE itu ke teknologi yang lebih ramah lingkungan bisa BEV, bisa PHEV, bisa hybrid (HEV) gitu," kata Henry.

"Jadi intinya ini, jadi kalau kita lihat pergerakannya kelihatan dari Zenix kita masuk, di (SUV) segmen B juga Yaris Hybrid dan kita juga ada rencana yang saya tidak bisa jelaskan di sini," ujarnya.

Baca juga: Harga SUV Bekas per Mei 2024, CR-V mulai Rp 103 Jutaan

Toyota All New Avanza/Adityo Wisnu Toyota All New Avanza

Henry hanya mengatakan, ke depan Toyota berencana untuk memperkenalkan model-model hyrbid lain.

"Tapi ada rencana untuk kita memperkenalkan lagi lebih banyak kendaraan-kendaraan hybrid yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia itu kita punya rencana," ujarnya.

Untuk diketahui, saat ini Toyota merupakan pabrikan yang paling banyak punya mobil hibrida. Mulai dari Camry HEV, Alphard HEV, Vellfire HEV, C-HR HEV, Corolla Altis HEV, Corolla Cross HEV, Yaris Cross, Innova Zenix HEV, RAV4 GR Sport PHEV.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat