vadakkuvaasal.com

Sikap yang Perlu Dilakukan Saat Ada Kecelakaan di Jalan

Mobil derek berusaha mengevakuasi bus yang terlibat kecelakaan di Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (11/5/2024). Hingga Sabtu (11/5) malam, petugas gabungan dari BPBD, Polri, TNI dan Damkar masih mendata jumlah korban meninggal dunia dan korban luka-luka pada kecelakaan tersebut.
Lihat Foto

JAKARTA, - Bus Trans Putera Fajar dengan nomor polisi AD 7524 OG, mengalami kecelakaan maut di kawasan Ciater, Subang, Jawa Barat.

Dikutip dari , Kasi Humas Polres Subang AKP Yusman mengatakan, kronologi kecelakaan bermula saat bus Trans Putera Fajar datang dari arah selatan menuju utara.

“Pada saat melaju pada jalan yang menurun, bus oleng ke kanan menabrak kendaraan Feroza dari arah berlawanan,” katanya.

Kemudian, bus terguling ke kiri dengan posisi kiri di atas dan tergelincir, sehingga menabrak tiga kendaraan roda dua yang terparkir di bahu jalan.

Belajar dari peristiwa tersebut, penting bagi pengemudi lainya untuk memahami etika dan tindakan yang diambil saat bertemu dengan situasi seperti itu.

Baca juga: Libur Panjang, Volume Lalu Lintas di Tol Transjawa Meningkat

Kondisi bangkai bus dan motor yang terlibat kecelakaan di Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (11/5/2024). Hingga Sabtu (11/5) malam, petugas gabungan dari BPBD, Polri, TNI dan Damkar masih mendata jumlah korban meninggal dunia dan korban luka-luka pada kecelakaan tersebut.ANTARA FOTO/ Raisan Al Farisi Kondisi bangkai bus dan motor yang terlibat kecelakaan di Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (11/5/2024). Hingga Sabtu (11/5) malam, petugas gabungan dari BPBD, Polri, TNI dan Damkar masih mendata jumlah korban meninggal dunia dan korban luka-luka pada kecelakaan tersebut.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, ada beberapa edukasi penting yang harus diketahui pengemudi saat ada kecelakaan di jalan.

Pertama, perhatikan dahulu situasi jalan yang menjadi TKP kecelakaan. Jika situasi ramai dan dipenuhi kendaraan, maka jangan berhenti karena hanya akan memperumit lalu lintas.

“Kalau jalan tidak terlalu lebar dan situasi ramai seperti di siang hari misalnya, pengemudi sebaiknya tidak ikut-ikut berhenti. Ini bukannya bersikap tidak punya hati, justru ini bantuan yang bisa kita berikan dengan cara menjaga jalan supaya tidak macet,” kata Sony kepada belum lama ini.

Sony menjelaskan, jalan yang terlalu padat bisa menghalangi akses tim penyelamatan seperti ambulans untuk segera tiba di lokasi.

Baca juga: Dishub Akan Tertibkan Juru Parkir Liar, Jangan Cuma di Minimarket


 

Sementara, jika kondisi jalan sepi dan tidak banyak kendaraan melintas, maka bisa membantu dengan beberapa catatan.

“Misalnya kecelakaan terjadi saat malam hari, kita bisa memberikan pertolongan. Tapi ada batas pertolongan yang boleh kita berikan,” kata Sony.

Bantuan yang dimaksud, yaitu memeriksa kondisi korban kecelakaan, dilanjutkan dengan memasang rambu segitiga pengaman di bagian belakang TKP.

“Jangan sok jagoan, haru tahu batas kompetensi karena belum tentu kita orang medis. Kalau mencoba menolong tapi asal-asalan, luka korban bisa tambah parah,” kata Sony.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat