vadakkuvaasal.com

Perawatan Ban pada Mobil yang Jarang Dipakai

Ban mobil GT Radial Savero AT Pro
Lihat Foto

SOLO, - Mobil jarang dipakai biasanya kondisinya tidak selalu baik, sehingga pemiliknya perlu merawatnya agar kendaraan tetap optimal saat digunakan nantinya

Salah satu perawatan yang perlu dilakukan adalah bagian ban, sebab seperti diketahui komponen ini memiliki peran penting dalam laju kendaraan.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan,ada beberapa perawatan ban pada mobil yang jarang dipakai atau ditinggal lama.

Baca juga: Pengaruh Mobil China buat Subaru

Semir ban mobil jenis foamDicky Aditya Wijaya Semir ban mobil jenis foam

“Pertama pastikan tekanan angin tidak kurang atau sebaiknya diisi tekanan initial kalau ditinggal lama,” kata Zulpata kepada , Kamis (16/5/2024).

Zulpata menyarankan, untuk tekanan ban dikasih 43 psi atau 3,0 Kg per cm persegi. Serat jangan biarkan mobil diam terlalu lama di dalam garasi.

“Secara teratur mobil di dorong ke depan atau ke belakang, agar tidak menumpu di satu titik di telapak ban,” kata Zulpata.

Menurutnya, hal ini berguna untuk menghindari kerusakan flat sport atau ada bagian di telapak yang bentuknya flat atau datar karena kelamaan ditumpu pada satu bagian.

Kemudian, agar tampilan tetap bagus dan tidak kusam pemiliknya bisa merawat kebersihannya.

“Biar tidak kusam, oleskan wax khusus untuk ban di bagian sekeliling bagian samping ban, agar ban terlihat bersih,” kata Zulpata.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat