vadakkuvaasal.com

Rumors Toyota Akan Hidupkan Celica

Ilustrasi Toyota Celica generasi terakhir yang discontinue pada 2006.
Lihat Foto

TOKYO, - Laporan baru dari Jepang menunjukkan bahwa Toyota sedang mempertimbangkan menghidupkan kembali Toyota Celica.

Mobil sport legendaris Toyota itu disebut bisa lahir kembali sebagai bagian dari model Gazzo Racing alias (GR), dengan jantung 2.0 liter, 4-silinder turbo, berpenggerak semua roda alias All Wheel Drive (AWD).

Baca juga: Perbedaan Detail All New Honda BeAT dengan BeAT Lawas

Dilansir dari Carscoops, Celica baru dikabarkan akan debut pada awal Januari mendatang di Tokyo Auto Salon 2025.

Toyota Celica buatan tahun 2004.carscoops Toyota Celica buatan tahun 2004.

Tahun lalu, Chairman Toyota Akio Toyoda mengungkapkan keinginannya untuk memiliki Celica baru, yang kemudian disusul dengan rumor tentang mobil sport EV yang berbagi basis dengan Lexus LF-ZC Concept.

Laporan terbaru mengambil pendekatan yang lebiuh menarik, menunjukkan bahwa Celica mungkin kembali dengan powertrain bensin tapi lebih bertenaga.

Baca juga: Perbedaan Detail All New Honda BeAT dengan BeAT Lawas

Kehadiran Celica bermesin bensin dengan tenaga mumpuni ini makin menguat setelah Toyota, Mazda dan Subaru, mengonfirmasi akan terus membuat mesin pembakaran dalam alias ICE di masa depan.

Toyota mengonfirmasi sedang mengerjakan mesin empat silinder 1,5 liter dan 2,0 liter baru yang senada terhadap elektrifikasi dan kompatibel dengan bahan bakar alternatif.

Ilustrasi hasil render Toyota Celica generasi baru.SPYDER7.com Ilustrasi hasil render Toyota Celica generasi baru.

Baca juga: Ganti Oli Mesin Jangan Semprot Pakai Angin Kompresor

Meski Toyota belum memberikan informasi apapun mengenai spesifikasinya, rumorsnya mesin baru bisa memproduksi tenaga sampai 400 Tk.

Mesin tersebut dapat dikawinkan dengan sistem penggerak semua roda (AWD) GR-Four yang terinspirasi dari mobil reli GR Yaris dan GR Corolla.

Rumors ini terdengar masuk akal karena seperti kebangkitan kembali Celica GT-Four sebagai penghormatan atas kesuksesan Celica di ajang World Rally Championship (WRC).

Selama hidupnya Celica punya tujuh gererasi mulai dari 1970-2006. Saat disuntiuk mati mobil ini tidak punya penerus sebagai gantinya Toyota merilis GT86 dan GR86.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat