vadakkuvaasal.com

Jangan Abaikan Rembesan Oli di Area Suspensi Motor

Suspensi depan TVS Ronin menggunakan upside-down fork
Lihat Foto

KLATEN, - Sepeda motor dilengkapi dengan sistem suspensi agar pengendara merasa lebih nyaman saat melewati jalan tidak rata. Dengan demikian, kejutan dari permukaan jalan tidak rata tidak begitu terasa dampaknya.

Kendati dapat membuat pengendara tidak begitu merasakan guncangan, bukan berarti dampaknya tidak sampai kepada komponen suspensi. Seiring pemakaian suspensi sepeda motor butuh peremajaan.

Agus, Service Advisor Ahass Cawas, Klaten mengatakan salah satu tanda suspensi sepeda motor butuh peremajaan yakni adanya basahan oli di area peredam kejut.

Baca juga: Tren Modifikasi Jamak pada Skutik, Ganti Suspensi


 

“Oli tersebut merupakan dampak dari rusaknya seal peredam kejut, jika lama-lama dibiarkan dapat merugikan karena kemampuan suspensi akan semakin berkurang dan kerusakan bisa menjadi lebih parah,” ucap Agus kepada , Selasa (4/6/2024).

Agus mengatakan sebaiknya konsumen tidak mengabaikan bila sudah ada basahan oli karena dari penanganan yang lebih dini dapat mengantisipasi terjadinya pembengkakan biaya perbaikan.

“Misal seal peredam kejut bagian depan sudah bocor, seharusnya bisa diperbaiki hanya dengan biaya Rp 45.000 saja dengan mengganti seal dan minyaknya, tapi bila dibiarkan sampai mengering akan ada risiko perbaikan lebih,” ucap Agus.

Baca juga: Rumitnya Penyetelan Suspensi Motor MotoGP

Modifikasi skutik dengan mengganti suspensi depan dan belakang/FATHAN Modifikasi skutik dengan mengganti suspensi depan dan belakang

Menurut Agus, ketika oli sudah bocor dan mengering maka ada peluang oros peredam kejut atau piston akan aus sehingga bila dilakukan penggantian seal saja tidak akan menyelesaikan masalah.

“Seal baru, kualitas bagus, tapi bila permukaan piston sudah tidak rata maka oli peredam kejut akan bocor kembali, maka dari itu daripada mengganti porosnya juga mending perbaikan dilakukan segera,” ucap Agus.

Jadi, ketika suspensi sepeda motor sudah tampak terdapat basahan oli maka ada baiknya segera memeriksa kondisi tersebut ke bengkel agar segera dilakukan tindakan perbaikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat