vadakkuvaasal.com

Zeekr Berbeda dengan Geely yang Pernah Masuk Indonesia

Zeekr X
Lihat Foto

JAKARTA, - Pasar otomotif Indonesia semakin ramai setelah Zeekr resmi masuk ke Tanah Air. Merek asal China ini bermain di segmen mobil listrik premium bersaing dengan merek Eropa.

Diketahui Zeekr merupakan merek subsidiari dari Geely Holding Group yang juga membawahi Volvo. Sedikit kilas balik, Geely sendiri pernah masuk Indonesia tapi tak bertahan lama dan hilang tanpa jejak.

Baca juga: Perawatan Pelek Jari-jari Agar Awet dan Tetap Aman

Hadirnya Zeekr mau tak mau jadi berhubungan dengan dengan merek Geely zaman dulu. Khawatir merek ini juga akan bernasib sama seperti Geely yang pernah hadir sekitar satu dasawarsa lalu.

Zeekr 001Foto: Zeekr Zeekr 001

Menyikapi hal tersebut, JinHong Lin Darwin, Managing Director PT Premium Auto Prima, APM Zeekr di Indonesia mengatakan, Zeekr dan Geely yang pernah ada di Indonesia berbeda dari banyak hal.

“Walaupun satu grup tapi organisasi dan semuanya terpisah, karena merek ini premium. Walau satu grup semua berbeda, seperti indikasi berbeda. Seperti R&D center juga ada di Swedia,” ujarnya di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Penjelasannya yaitu Zeekr merupakan anak usaha Geely Holding Group yang di Indonesia diniagakan PT Premium Auto Prima. Sedangkan merek Geely saat itu masuk lewat PT Geely Mobil Indonesia sebagai distributor.

Baca juga: Motor Listrik Electrum H3 Resmi Meluncur, Harga Promo Rp 14 Jutaan

Geely LC PandaFebri Ardani/Otomania Geely LC Panda

Untuk diketahui Geely pertama kali masuk tahun 2010, melalui PT Geely Mobil Indonesia. Saat itu Geely masuk dengan 100 persen kepemilikan saham Zhejiang Geely Holding Group Co., Ltd.

Di dua tahun awal penerimaan Geely sebetulnya cukup baik. Pada tahun 2012, penjualannya sempat tembus 1.232 unit. Pada 2013 penjualannya mulai merosot dan pada 2016 penjualan Geely menghilang.

Adapun Zeekr, Darwin optimistis merek ini bisa diterima baik di Indonesia. Zeekr merupakan merek mobil listrik canggih yang menggabungkan performa tinggi dengan kemewahan.

Zeekr 009Foto: Zeekr Zeekr 009

Baca juga: Penyebab Mobil Transmisi Matik Menyentak Saat Pindah Gigi

“Kami melihat kemitraan ini sebagai langkah strategis untuk memperluas ekspansinya di industri global. Indonesia adalah pasar penting bagi Zeekr,” ujarnya.

Untuk tahap pertama, Zeekr akan melansir dua model yaitu Zeekr X dan Zeekr 009.

Mengenai outlet, Zeekr menargetkan kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Dimulai dengan pembukaan flagship showroom di Jakarta Selatan, dan berkembang ke BSD City, di Tangerang.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat