vadakkuvaasal.com

TGRI Incar Juara di Japan Cup 2024

Persiapan balap Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia di seri pertama Japan Cup di Sirkuit Sportsland Sugo
Lihat Foto

 

SUGO, - Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) kembali mengikuti balapan kelas internasional yang diselenggarakan Fanatec GT World Challange Asia. Cuma tahun ini, hanya mengikuti Japan Cup.

Sama seperti tahun lalu, TGRI turun di kelas GT4 memakai Toyota GR Supra GT4. Susunan pebalapnya pun sama, Haridarma Manoppo dan Seita Nonaka, pakai mobil dengan nomor start 39.

Seri perdana akan dimulai di Sirkuit Sportsland Sugo di Jepang. Balapannya berlangsung dua kali di hari Minggu (9/6/2024).

Baca juga: TGRI Raih Gelar Juara Nasional Kejurnas ITCR Max 1.600 dan Juara Ke-2 Kejurnas ITCR 1.200 Musim 2022

Dimitri Fitra Ditama, Direktur Toyota Gazoo Racing IndonesiaTGRI/AGUNG Dimitri Fitra Ditama, Direktur Toyota Gazoo Racing Indonesia
 

Dimitri Fitra Ditama, Direktur TGRI mengatakan, soal persiapan sebenarnya sama seperti tahun lalu. Cuma karena sudah pernah ikut di musim sebelumnya dan jadi runner-up, seharusnya sudah lebih siap.

"Tinggal ikuti aturan dari penyelenggara karena tahun ini kita kena BOP (Balance of Performance), jadi lebih pelan. Tahun lalu kita menang, dikasih BOP biar lebih seimbang dengan yang lain," kata Fitra kepada , Kamis (6/6/2024).

Fitra bilang, secara keseluruhan persiapannya sama, tim juga kebetulan masih sama juga. Cuma perbedaanya kalau dulu ikutanya GT Asia, sekarang kita ikutnya Japan Cup, ada empat seri dan semuanya di Jepang.

Baca juga: Sleeper Bus Milik PO Zafa Trans Layani Trayek Makassar - Mamuju


"Dulu ada enam seri, ikut di Sepang (Malaysia), Buriram (Thailand), dan Okayama (Jepang). Dari enam seri, empat di Jepang," kata Fitra.

Fitra bilang, tahun lalu di GT Asia kelas GT4 cuma ada di Jepang. Jadi saat balap di luar Jepang, kurang banyak persaingannya. Sedangkan tahun ini, GT Asia tidak ada GT4, GT4 cuma ada di Japan Cup saja.

"Sekarang harapannya di Japan Cup, peserta banyak, kita punya persaingan yang bagus buat kita belajar lebih banyak lagi. Target tetap juara, tapi dengan banyaknya saingan, bisa lebih belajar banyak," kata Fitra.

Persiapan Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia di seri perdana Japan Cup yang di Sirkuit Sugo Sportland/FATHAN Persiapan Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia di seri perdana Japan Cup yang di Sirkuit Sugo Sportland

Haridarma Manoppo, Pebalap GTRI, menjelaskan, buat meraih juara di musim ini, ia berangkat duluan ke Jepang buat latihan sendiri di trek yang belum pernah dia coba, termasuk di Sportsland Sugo.

"Persiapannya ada sedikit tambahan, bulan lalu saya sudah berangkat, latihan di Sirkuit Sugo dan Suzuka. Kebetulan dua sirkuit itu saya belum pernah coba," kata Hari kepada .

Hari menjelaskan, saat sudah latihan duluan, titik-titik blind spot sampai garis balap (racing line) sudah didapatkan. Jadi buat sesi latihan resmi yang dimulai Jumat (7/6/2024), tinggal cari waktu yang baik saja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat