vadakkuvaasal.com

Zeekr Tak Mau Buru-buru Rakit Mobil di Indonesia

Zeekr 001
Lihat Foto


JAKARTA, - Zeekr tidak mau terburu-buru harus melakukan perakitan lokal di Indonesia. Merek mobil listrik premium asal China itu saat ini lebih fokus untuk dikenal oleh masyarakat.

Seperti diketahui Zeekr akan melansir dua model pada akhir tahun 2024 yaitu Zeekr X dan Zeekr 009. Kedua model itu akan masuk Indonesia secara impor atau completely build up (CBU) dari China.

Baca juga: Sleeper Bus Milik PO Zafa Trans Layani Trayek Makassar - Mamuju

Allen Li, Head of Product Strategy and Technology Zeekr, mengatakan, sebetulnya Zeekr tetap memikirkan perakitan lokal di Indonesia. Namun, secara tersirat itu bisa dilakukan jika penjualannya bagus.

Zeekr 009Foto: Zeekr Zeekr 009

“Ini sekitar 2-3 tahun ke depan, tapi kami harus mulai dari satu tahun ke depan untuk persiapan dan studi,” kata Allen di Jakarta, belum lama ini.

Seperti diketahui saat ini ada dua fasilitas pabrik terbuka untuk merek lain, yaitu pabrik Gaya Motor punya Astra di Sunter, Jakarta Utara, dan PT Handal Indonesia Motor (HIM) di Bekasi Jawa Barat.

Adapun saat ini ada tiga merek mobil China yang merakit produknya di Handal Indonesia Motor yaitu Chery, Neta, dan Jetour.

Alex Bao Zhuangfei, Managing Director & Head of SEA Region Zeekr, mengatakan, pihaknya tidak menutup opsi perakitan lokal tapi semuanya butuh studi mendalam mengenai pasar sebab Zeekr bermain di segmen premium.

Baca juga: Catat, Car Free Day Jakarta Ditiadakan pada 23 Juni 2024

Zeekr XFoto: Zeekr Zeekr X

“Kami juga tahu bahwa permintaan sedang meningkat, maka akan sedikit sulit. Kami cukup yakin dengan pasar karena semakin besar,” katanya.

“Kami harus mempertimbangkan juga Zeekr sebagai merek premium, sehingga volume tidak sebesar mass market. Konten lokal juga ada persyaratan, sehingga kami sedang melakukan studi,” ujarnya.

JinHong Lin Darwin, Managing Director PT Premium Auto Prima, optimistis merek Zeekr dapat diterima baik oleh masyarakat Indonesia.

“Kami melihat kemitraan ini sebagai langkah strategis untuk memperluas ekspansinya di industri global. Indonesia adalah pasar penting bagi Zeekr,” ujarnya.

Produsen mobil listrik asal China, Zeekr menggandeng PT Premium Auto Prima (Premium Group) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) untuk Indonesia./Gilang Produsen mobil listrik asal China, Zeekr menggandeng PT Premium Auto Prima (Premium Group) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) untuk Indonesia.

Baca juga: Ingat, Putar Balik Kendaraan Tak Boleh Dilakukan dari Jalur Paling Kiri

Namun, di sisi lain Darwin tidak menampik pasar yang dimasuki Zeekr tidak besar.

“Pasar (penjualan) mobil premium itu setahun kurang lebih 15.000 unit semua model. Kami hanya mau ambil kue sedikit saja. Jadi bukan saya mau jual 15.000 unit (per tahun),” katanya kepada .

Untuk tahap awal, Zeekr menargetkan pertumbuhan di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Dimulai dengan pembukaan flagship showroom di Jakarta Selatan, dan berkembang ke BSD City.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat