vadakkuvaasal.com

Ciptakan Bus Pariwisata Aman, Korlantas Bakal Adakan Sekolah Mengemudi

Ilustrasi Bus Pariwisata Gratis Banyumas
Lihat Foto

JAKARTA, - Korlantas Polri akan melakukan sejumlah perbaikan pada berbagai sektor guna menciptakan bus pariwisata yang aman dan berkeselamatan selaku salah satu alat transportasi

Disampaikan oleh Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Bakharuddin Muhammad Syah, salah satunya ialah menyelenggarakan sekolah mengemudi khusus untuk bus, truk, dan sepeda motor.

"Korlantas Polri bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan dan BNSP untuk mempercepat adanya ketentuan yang baku terkait sekolah mengemudi serta melakukan sertifikasi setelah mengemudi," kata dia dalam keterangannya, Jumat (7/6/2024).

Baca juga: Ganjil Genap Jalur Puncak Bogor Berlaku Hari Ini sampai Minggu

Kelaikan dan izin bus pariwisataKEMENHUB Kelaikan dan izin bus pariwisata

"Termasuk juga mendorong terselenggaranya sekolah mengemudi untuk bus, truk, dan sepeda motor,” lanjut dia.

Di samping itu, Korlantas Polri juga bakal mewujudkan sistem pengujian SIM dan pelatihan melalui Indonesia Safety Driving Center (ISDC).

“Ada beberapa tindakan perbaikan oleh Korlantas Polri, khususnya sistem pengujian SIM umum serta perbaikan pelatihan dengan mitra mengemudi maupun melalui ISDC,” jelas Bakharuddin.

Adapun, kata dia, Korlantas Polri akan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi terkait penyusunan program study tour yang diadakan oleh pihak sekolah.

Baca juga: Mesin Mobil Alami Overheat, Ada Banyak Faktor Penyebabnya

Pemeriksaan bus pariwisataKEMENHUB Pemeriksaan bus pariwisata

“Pengguna bus pariwisata khususnya perlu disadarkan bahwa dalam menyusun program kegiatan wisata atau study tour sekolah harus diatur sedemikian rupa dengan memperhatikan jam kerja sopir serta tidak dilaksanakan dengan berbagai lokasi kunjungan dalam waktu sempit,” kata dia lagi.

Pemaparan tersebut disampaikan dalam Rapat Forum Komunikasi Keselamatan Lalu Lintas (KKLL) Tahun 2024 dengan mengusung tema “Upaya Menciptakan Bus Pariwisata yang Aman dan Berkeselamatan” di Gedung NTMC Korlantas Polri, Kamis (6/6/2024).

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat