vadakkuvaasal.com

Bolehkah Ganti Ban Mobil Berbeda-beda Merek?

Beli ban mobil di GIIAS 2023
Lihat Foto

SOLO, - Ganti ban mobil menjadi hal yang wajib dilakukan pemiliknya, ketika komponen ini sudah tidak layak atau saatnya ganti.

Apalagi, ban merupakan bagian mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, sehingga kondisinya sangat mempengaruhi keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Namun, bolehkah mengganti ban dengan merek berbeda?

Baca juga: Tips Beli Pelek Mobil Bekas, Pastikan Bergaransi

Ilustrasi ban mobil baru/ Selma Aulia Ilustrasi ban mobil baru

Zulpata Zainal, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan, antara ban depan dan belakang boleh beda merek, namun untuk kanan kiri harus sama.

“Tidak perlu satu merek untuk ban depan vs ban belakang, namun untuk satu poros kiri dan kanan harus diusahakan satu merek, dan selalu dipasangkan,” kata Zulpata kepada , Sabtu (8/6/2024).

Zulpata mengatakan, mengganti ban mobil dengan yang baru maka performa menjadi lebih baik dan keselatan lebih terjamin.

“Ban baru, ban lebih bagus performanya, lebih kecil aspek risiko di poros belakang, ini untuk menghindari oversteer,” kata Zulpata.

Baca juga: Belajar dari Kejadian Bos Rental Mobil Tewas Usai Diteriaki Maling


Selain itu, Zulpata juga mengatakan, pemiliknya bisa saja mengganti ban satu uji saja, asalkan pasanganya masih layak pakai.

“Tidak masalah kalau mau beli ban satu juga, kalau memangnya perlunya satu. Yang tiga lagi kondisinya masih bagus misalnya," kata Zulpata.

Zulpata menjelaskan, kalau memang belum ada dana cukup untuk membeli ban dan juga kondisi ban perlu diganti cuma satu, beli satu ban juga tidak masalah. Asalkan pemasangan ban baru tetap di bagian belakang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat