vadakkuvaasal.com

Penyebab Oli Mesin Mobil Harus Lebih Cepat Diganti

Pemeriksaan kualitas oli mesin dengan selembar tisu
Lihat Foto

KLATEN, - Salah satu wujud perawatan mobil adalah penggantian oli mesin secara berkala sesuai waktu yang direkomendasikan oleh pihak bengkel.

Kendati demikian, penggantian oli mesin bisa menjadi lebih dini karena kualitasnya menurun lebih cepat. Lantas, apa saja penyebabnya?

Hasan Ariyanto, Pemilik Mandiri Auto Klaten mengatakan interval penggantian oli mesin pada suatu mobil bisa lebih sering daripada biasanya karena kebiasaan kendaraan dioperasikan dengan berat atau putaran mesin tinggi.

Baca juga: Ganti Oli Mesin Jangan Semprot Pakai Angin Kompresor


“Misal biasanya ganti oli mesin tiap 5.000 Km, karena mobil lebih sering digunakan untuk membawa beban berat misal untuk towing, mengangkut barang-barang dan sebagainya maka kualitas olinya menjadi lebih cepat turun,” ucap Hasan kepada , belum lama ini.

Putaran mesin tinggi membuat beban oli mesin dalam melindungi komponen lebih berat menurut Hasan. Kontaminan akan lebih cepat terkumpul karena dalam hitungan waktu singkat mesin sudah berputar lebih banyak.

“Untuk mobil-mobil yang kerap kena macet juga bisa mempengaruhi masa pakai oli mesin, kondisi macet akan membuat mesin terus berputar meski jarak tempuhnya pendek, maka dari itu penggantian oli tidak lagi tiap 5.000 km tapi maju,” ucap Hasan.

Baca juga: Motuba Boleh Pakai Oli Mesin Kualitas Tinggi?

Manfaatkan fitur pengingat penggantian oli mesin agar tidak telat atau kelupaan.Tangkapan layar Manfaatkan fitur pengingat penggantian oli mesin agar tidak telat atau kelupaan.

Ibrohim, Foreman Nissan Bintaro mengatakan penggantian oli mesin bisa maju karena memang mobil yang bekerja lebih berat membutuhkan perlindungan khusus.

“Ada aturan khususnya bila mobil dikendarai dengan kondisi medan yang berat, penggantian oli mesin dari yang tadinya setiap 10.000 Km menjadi 5.000 Km sesuai buku panduan kepemilikan kendaraan,” ucap Ibrohim kepada , belum lama ini.

Ibrohim mengatakan, kondisi lingkungan di perkotaan bahkan di pedesaan, bisa dikatakan bisa saja termasuk dalam aturan khusus tersebut sehingga penggantian oli mesin bisa diperhatikan lagi.

Baca juga: Oli Mesin yang Cocok untuk Mobil Berusia di Atas 5 Tahun

oli mesin bisa berubah jadi lumpur bila sering telat digantiTangkapan layar oli mesin bisa berubah jadi lumpur bila sering telat diganti

“Kondisi khusus ini meliputi kendaraan yang menempuh jarak pendek sehingga suhu oli jarang mencapai suhu kerja normalnya, kondisi jalan macet juga akan membuat mesin hidup lebih lama, belum lagi kondisi berdebu, maka oli mesin akan menjadi lebih cepat kotor,” ucap Ibrohim.

Jadi, konsumen yang terbiasa mengoperasikan mobil dalam kondisi di atas sebaiknya memperhatikan lagi waktu penggantian oli mesin karena berpotensi kualitasnya cepat menurun..

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat