vadakkuvaasal.com

Berapa Liter Kapasitas Oli Transmisi pada Mobil Manual?

Ilustrasi oli transmisi
Lihat Foto

SLEMAN, - Transmisi pada mobil manual membutuhkan pelumasan cukup berupa oli atau manual transmission fluid (MTF).

Volume MTF wajib dikontrol secara berkala agar pelumasan terus dapat terjadi secara optimal selama mobil digunakan. Lantas, berapa liter kapasitas oli transmisi pada mobil manual?

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan kapasitas oli pada transmisi manual beragam tergantung besar kecilnya transmisi dan jumlah percepatannya.

Baca juga: Volume Oli Transmisi Mobil Manual Jangan Kurang, Dampaknya Fatal


“Umumnya untuk mobil pribadi pabrikan Jepang sekitar 2 sampai 3 liter, namun untuk memastikan oli transmisi sudah terisi cukup atau belum bisa mengontrolnya menggunakan dipstick bila dilengkapi,” ucap Hardi kepada , Rabu (12/6/2024).

Hardi mengatakan dengan memeriksa volume MTF secara berkala maka pelumasan pada transmisi akan optimal sehingga performanya tetap baik dan awet.

“Sedangkan mobil yang tidak dilengkapi dengan dipstick oli transmisi manual, maka pemeriksaan bisa membuka lubang pengisiannya, bila dalam kondisi datar oli menetes lewat lubang pengisian artinya cukup,” ucap Hardi.

Baca juga: Ini Penyebab Bunyi Dengung di Transmisi Mobil Manual

Transmisi manual bekastotalparts.eu Transmisi manual bekas

Hardi mengatakan pada bodi transmisi manual terdapat dua lubang yakni untuk pengisian dan pembuangan. Lubang pengisian berada lebih tinggi sekaligus menjadi batas atas permukaan oli.

Jadi, kapasitas oli transmisi manual pada mobil umumnya sekitar 2 sampai 3 liter. Untuk memastikan oli sudah terisi cukup bisa mengontrol volumenya via dipstick atau lubang pengisian.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat