vadakkuvaasal.com

Sopir Mobil Pemadam Kebakaran Ada Diklat Khusus Safety Driving

Mobil Damkar Makassar saat selesai melakukan pemadaman di area RSKD Dadi Makassar, Sulsel, Kamis (14/9/2023)
Lihat Foto


JAKARTA, - Mobil pemadam kebakaran (Damkar) merupakan salah satu kendaraan yang mendapat hak utama di jalan raya. Sebab mobil damkar harus sampai lokasi kebakaran secepat mungkin.

Untuk itu pengemudi mobil damkar juga tidak sembarangan. Calon sopir akan mendapat pendidikan dan latihan (diklat) terlebih dahulu sebelum boleh mengemudikan mobil damkar yang mana sebetulnya truk modifikasi.

Baca juga: Hyundai Rilis Teaser Mobil Listrik Terbaru, Dinamai Inster

Lukman Habib, Komandan Regu 3 Sektor Gunung Putri, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor, mengatakan, saat mendaftar jadi sopir mobil damkar mesti punya minimal Surat Izin Mengemudi (SIM) B1.

Mobil damkar diterjunkan untuk memadamkan kapal terbakar yang sedang bersandar di Pelabuhan Pelindo, Kota Tegal, Minggu (17/4//2022)/Tresno Setiadi Mobil damkar diterjunkan untuk memadamkan kapal terbakar yang sedang bersandar di Pelabuhan Pelindo, Kota Tegal, Minggu (17/4//2022)

“Biasanya harus sudah punya minimal SIM B1. Andai kata belum punya SIM A tidak apa-apa, yang penting bisa membawa mobil (truk). Nanti biasanya kita ada diklat sendiri untuk driver pemadam,” ujar Lukman kepada , Rabu (12/6/2024).

“Jadi ketika masuk di dinas pemadam dan jadi driver itu tidak langsung jadi driver. Biasanya tiga sampai enam bulan baru boleh membawa mobil setelah mengikuti diklat,” ujarnya.

Baca juga: Mobil Listrik Kia EV9 Kena Recall, Masalah Atap

“Diklatnya khusus pelatihan pengemudi, sebab sopir pemadam itu tidak hanya bawa mobil tapi mempelajari pompa unit,” katanya.

Lukman mengatakan, materi diklat pada dasrnya sama saja seperti safety driving yang sering diajarkan. Namun khusus pengemudi mobil damkar mesti ditambah keterampilan mengemudi “secepat kilat.”

Mobil damkar kejebak macet di gang sempit lantaran terhalang mobil yang melaju di hadapannya pada Senin (1/8/2022). TRIBUNJAKARTA.COM/SATRIO SARWO TRENGGINAS Mobil damkar kejebak macet di gang sempit lantaran terhalang mobil yang melaju di hadapannya pada Senin (1/8/2022).

Baca juga: Honda Rebel 1100 Resmi Dijual di Indonesia, Harganya Rp 375 Juta

Pengemudi dituntut berpikir cepat, sebab jika ada laporan kebakaran pengemudi yang memilih rute tercepat ke lokasi. Termasuk menghindari macet dan banyak persoalan lalu-lintas lainnya.

“Safety driving, terus kita harus tahu jatuhnya truk yang membawa muatan khusus yaitu air. Jadi berapa kecepatannya, tapi yang membedakannya ialah kecepatan,” kata Lukman.

“Kami punya waktu respon standar nasional itu 15 menit. Ketika dapat laporan sampai lokasi (kebakaran),” ujar Lukman yang sudah enam tahun jadi pengemudi mobil damkar.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat