vadakkuvaasal.com

Yamaha Siapkan Dua Motor Listrik, tapi Belum Jual Tahun Ini

Yamaha unjuk diri di IMOS 2022 dengan menampilkan motor listrik Yamaha E01 lengkap dengan stasiun pengisian baterai sebagai daya tarik utama.
Lihat Foto

JAKARTA, – Yamaha Motor Corporation (YMC) melakukan riset motor listrik di banyak negara, termasuk di Tanah Air melalui PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Belum lama ini, diumumkan bahwa riset Proof of Concept (PoC) sudah selesai. Meski begitu, Yamaha tak kunjung memasarkan motor listrik.

Padahal, dari lima merek anggota AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia), dua pabrikan Jepang, yaitu Honda dan Kawasaki, sudah menjual motor listrik di Indonesia.

Baca juga: Ambulans Angkut Jenazah Tak Dapat Hak Utama di Jalan

Yamaha E01Dok. YIMM Yamaha E01

Kemudian satu anggota dari India, yaitu TVS juga telah merilis produknya. Artinya, tinggal Yamaha dan Suzuki saja yang belum terlihat meluncurkan motor listrik.

Dyonisius Beti, President Director & CEO, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, motor listrik Yamaha belum akan meluncur pada tahun ini.

“Motor listrik kami sudah siap dua, cuma harganya enggak terjangkau, masih mahal,” ujar Dyon saat ditemui di sela-sela peluncuran Yamaha NMAX Turbo di Jakarta (12/6/2024).

Baca juga: Bus Terbakar di Tol Wiyoto-Wiyono, Lalu Lintas Macet Total

“Buatan Yamaha ataupun merek Jepang masih mahal. Nanti kami coba lagi, (tahun ini) belum,” kata dia.

Untuk diketahui, riset PoC Yamaha yang dilakukan sejak akhir 2022, rencana awalnya dilakukan minimal setahun. Namun, sempat diperpanjang, karena Yamaha masih memerlukan pengetesan tersebut.

Rencananya, data yang didapat dari hasil pengetesan motor listrik E01 dan survei ke konsumen akan digunakan untuk pengembangan motor listrik yang akan dipasarkan nantinya.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat