vadakkuvaasal.com

Salah Pasang Karpet Mobil Bisa Bikin Celaka

Pedal gas tersangkut di karpet mobil.
Lihat Foto

SOLO, - Pemasangan karpet mobil biasanya dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan estetika kendaraan. Selain itu, berguna untuk melindungi dari kotoran dan debu.

Namun, pemasangan karet mobil yang tidak tepat bisa membawa malapetaka bagi keselamatan pengemudi dan penumpang.

Seperti dalam unggah video Instagram @yanti.tetehhni_ac_gadut_padang, yang menjelaskan dia tidak memasang karet mobil di sisi pengemudi karena mengganggu pengoperasian pedal gas.

Baca juga: Terungkap, Bagnaia Tak Kasih Selamat ke Marquez Pindah ke Tim Pabrikan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yanti Teteh (@yanti.tetehhni_ac_gadut_padang)

Dalam video terlihat, saat gas diinjak pedalnya tersangkut di karpet mobil. Hal ini tentu sangat membahayakan keselamatan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, karpet sebenarnya dipasang untuk mempercantik interior atau mempermudah dalam melakukan pembersihan dek lantai.

“Jika tidak dipasang tidak masalah kok karena dari pabrikannya materialnya sudah memenuhi syarat keamanan, anti slip, dan anti slip, serta tidak mengganggu kaki dalam menginjak pedal-pedal,” kata Sony kepada , Selasa (12/6/2024).

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Yamaha NMAX Turbo dengan Model Lama

Sony mengatakan, memasang karpet mobil boleh saja dilakukan tapi harus pilih yang cocok dan tidak mengganggu kerja pedal gas, rem maupun kopling.

“Jika akan memasang karpet boleh-boleh saja selama sesuai dengan ukurannya dan ketika terpasang ligat mengganggu tidak, mengumpulkan debu tidak, dan lain-lain pertimbangan,” kata Sony.

Sony juga mengatakan, dalam hal ini pengemudi juga harus pandai-pandai memilih alas kaki, jangan yang tinggi, mudah slip atau kaku.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat