vadakkuvaasal.com

Beredar Video Pembatasan Pembelian Pertalite untuk Mobil 1.400cc dan Motor 250cc

PT Pertamina (Persero) memutuskan untuk tidak menaikkan harga BBM nonsubsidi meski harga minyak dunia sedang dalam tren peningkatan dan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS melemah.
Lihat Foto

JAKARTA, - Beredar video yang menjelaskan bahwa pengguna mobil 1.400 cc dan motor 250 cc tidak boleh meminum bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite mulai Juni 2024.

Kabar tersebut beredar di aplikasi pesan singkat Whatsapp, yang diterima , Kamis (13/6/2024).

“Buat yang punya kendaraan jenis ini, jangan coba-coba beli Pertalite. Mulai Juni 2024 petugas SPBU Pertamina tidak segan melarang kendaraan yang tidak sesuai tidak segan melarang kendaraan yang tidak sesuai aturan untuk isi Pertalite. Hal ini sejalan dengan program subsidi tepat sasaran dari program subsidi tepat sasaran dari Pertamina,” tulis narasi dalam video tersebut.

Baca juga: Sulitnya Mengerem Mobil Damkar

“Larangan konsumsi Pertalite tersebut pun berlaku untuk kendaraan motor dan mobil, lalu kendaraan apa yang dilarang tegas minum lalu kendaraan apa yang dilarang tegas minum Pertalite. Untuk motor Pertamina melarang kendaraan bermesin 250 cc ke atas untuk membeli Pertalite, sementara untuk mobil tidak diizinkan mobil bermesin 1.400 cc ke atas mengkonsumsi Pertalite,” lanjut narasi itu.

Pembatasan Pertalite untuk mobil 1.400 cc dan motor 250 ccdokumen whatsapp Pembatasan Pertalite untuk mobil 1.400 cc dan motor 250 cc

Terkait kabar tersebut, Irto Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih menunggu revisi Peraturan Presiden (Perpres) 191 tahun 2014 tentang penyediaan pendistribusian dan harga jual eceran BBM.

“Saat ini kami masih menunggu revisi Perpres 191 untuk pengaturan lebih detail,” ucap Irto, saat dihubungi , Kamis (13/6/2024).

Meski begitu, pihaknya tetap mengimbau pengguna kendaraan untuk membeli bahan bakar sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan kendaraan.

Baca juga: Saat Beli Mobil Matik Bekas, Usia atau Kilometer yang Lebih Penting?

“Kami tetap menghimbau agar konsumen membeli BBM sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan kendaraan,” kata Irto.

Sebagai informasi, saat ini Pertamina masih menunggu penerbitan revisi Perpres Nomor 191 Tahun 2014 sebagai dasar siapa yang berhak membeli Pertalite.

Apabila kebijakan mengenai penyediaan, pendistribusian, dan harga jual eceran BBM ini sudah terbit, Pertamina memastikan akan segera mengimplementasikannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat