vadakkuvaasal.com

SIM Bergambar Tidak Hanya untuk Mobil dan Motor

Ilustrasi SIM C.
Lihat Foto

JAKARTA, - Kepala Sub Bagian SIM Korlantas Polri Kombes Pol Heru Sutopo menyatakan bahwa perubahan format Surat Izin Mengemudi (SIM) bergambar tak hanya untuk sepeda motor dan mobil.

Penyesuaian tersebut akan berlaku untuk semua golongan kendaraan mulai dari SIM khusus bus dan truk sampai lainnya sehingga memudahkan para petugas kepolisian lalu lintas di seluruh negara, khususnya ASEAN.

"Ini berlaku di semua golongan SIM (tidak terbatas pada SIM A dan C)," ujar dia saat dikonfirmasi , Kamis (13/6/2024).

Baca juga: Format SIM Baru Berlaku Juli 2024, Simak Syarat Pembuatannya

Ilustrasi cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM  polri.go.id Ilustrasi cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM

Heru menjelaskan, pembaruan format SIM ini dilakukan untuk mempermudah petugas lalu lintas di luar negeri dan nasional dalam mengindentifikasi jenis SIM yang digunakan.

Mengingat pada 1 Juni 2025, SIM dari Indonesia akan diakui dan bisa digunakan di Filipina, Malaysia, dan Thailand serta Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

"Gambar mobil dan motor pada SIM terkait keberlakuan SIM nasional antar negara di ASEAN, karena penggolongan SIM tiap negara belum tentu sama," kata Heru.

Kendati demikian, Heru memastikan bahwa tidak ada perubahan format angka pada SIM serta biaya pengurusannya. Sebab, perubahan hanya bertujuan untuk memudahkan pengelompokannya.

Baca juga: Penjualan Motor Naik 20 Persen Mei 2024

BPJS Kesehatan jadi syarat pembuatan SIM mulai 1 Juli 2024.otomotifnet.gridoto.com BPJS Kesehatan jadi syarat pembuatan SIM mulai 1 Juli 2024.

"Tidak ada perubahan biaya," kata dia.

Maka, berdasarkan Peraturan Kepolisian Nomor 5 Tahun 2021, biaya pembuatan SIM A sebesar Rp 120.000 per penerbitan, sedangkan untuk perpanjangan SIM A dikenai biaya sebesar Rp 80.000 per penerbitan.

Sementara untuk biaya pembuatan SIM C baru sebesar Rp 100.000 per penerbitan dan biaya perpanjangan Rp 75.000.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat