vadakkuvaasal.com

Benarkah Pemilik Yamaha NMAX Turbo Tidak Bisa Modifikasi CVT?

Peluncuran Yamahan Nmax Turbo
Lihat Foto

JAKARTA, – Yamaha NMAX Turbo mendapatkan beberapa perubahan signifikan dibandingkan pendahulunya. Salah satu yang paling kentara adalah kehadiran teknologi baru Yamaha Electric Continuosly Variable Transmission (YECVT).

Seperti diketahui, 'turbo' pada NMAX bukanlah sistem induksi paksa yang dapat menambah tenaga mesin menggunakan gas buang.

Alih-alih menggunakan turbo seperti yang jamak di mobil, ‘turbo’ yang dimaksud adalah peningkatan performa mesin melalui piranti elektronik pada sistem CVT.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Yamaha NMAX Turbo dengan Model Lama

Yamaha NMAX Turbo hadir dengan pembaruan fitur yang cukup canggih di kelasnya. Kehadiran fitur baru bertujuan untuk meningkatkan performa skutik bongsor ini, walaupun berdasarkan spek di atas kertas tidak berbeda jauh dengan model sebelumnya.Dok. YIMM Yamaha NMAX Turbo hadir dengan pembaruan fitur yang cukup canggih di kelasnya. Kehadiran fitur baru bertujuan untuk meningkatkan performa skutik bongsor ini, walaupun berdasarkan spek di atas kertas tidak berbeda jauh dengan model sebelumnya.

Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, mengatakan, teknologi YECVT membuat fungsi roller pada CVT konvensional tidak diperlukan lagi.

Karena pada YECVT, proses menggerakkan puli primer digantikan oleh motor penggerak sehingga proses perpindahannya bisa diatur sesuai keinginan pengendara.

"Kita bisa memaksa putarannya lebih cepat, kalau roller konvensional memanfaatkan gaya sentrifugal. Kemudian roller itu kan sifatnya bisa menyusut seiring pemakaian makanya ada periode penggantian,” kata Anton di Jakarta (12/6/2024).

Baca juga: Berlaku Bulan Depan, Ini Tujuan Korlantas Polri Perbarui Format SIM

Dengan teknologi ini, singkatnya penggunaan roller pada sistem CVT tidak lagi digunakan. Karena fungsinya sudah digantikan dengan komponen elektronik yang cara kerjanya fleksibel, alhasil dapat membantu akselerasi lebih instan.

Namun demikian, salah satu yang jadi pertanyaan konsumen, apakah konsumen tidak bisa melakukan modifikasi pada CVT NMAX Turbo?

Anton mengatakan, bahwa hal itu bergantung pada bagian mana yang ingin dimodifikasi. Kalau konsumen berencana mengganti roller yang lebih ringan atau lebih berat, tentu tidak bisa karena komponen tersebut sudah tidak dipakai.

Baca juga: Hindari Pakai Cairan Anti-bocor buat Ban

Peluncuran Yamahan Nmax Turbo/ Adityo Wisnu Peluncuran Yamahan Nmax Turbo

"Sebenarnya kan ini menjawab dan menginginkan sensasi berkendara sesuai yang diinginkan. Orang kadang melakukan modifikasi roller tujuan apa?” ucap Anton.

Menurutnya, konsumen biasanya mengganti roller yang lebih ringan untuk mendapatkan akselerasi yang lebih cepat. Tapi pada saat yang sama, motor bakal kehilangan tenaga pada putaran atas.

"Begitu sebaliknya, ingin cepat di putaran tinggi ganti roller lebih berat, cuma tarikan bawahnya jadi lambat. Nah kalau Turbo kita ini kan bisa memaksakan keduanya, menggunakan motor elektrik sehingga bisa dikondisikan,” kata Anton.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat