vadakkuvaasal.com

Era Mobil Listrik, Bisnis AC Mobil Tak Terpengaruh

Fortune AC, bengkel spesialis AC mobil
Lihat Foto

JAKARTA, - Bisnis pendukung otomotif sangat beragam mulai dari suku cadang, kaki-kaki hingga AC. Khusus untuk AC, disebut sebagai salah satu bisnis pendukung yang akan bertahan cukup lama.

Andrew Prakuswo, pemilik bengkel spesialis AC mobil yaitu Fortune AC mengatakan, dari sekian banyak bisnis pendukung otomotif, saat ini bisnis AC mobil yang masih menjanjikan keberlangsungan.

Baca juga: SIM Bergambar Lebih Dulu Diterapkan di Jawa

Andrew menjabarkan, suku cadang mobil saat ini berubah sehingga toko sparepart terus berusaha menyesuaikan. Sedangkan komponen AC dari dulu sampai saat ini relatif sama.

Andrew Prakuswo, pemilik bengkel spesialis AC mobil Fortune AC /Gilang Andrew Prakuswo, pemilik bengkel spesialis AC mobil Fortune AC

“Menurut saya (bisnis AC) mobil masih sustainable, sebab masih butuh kompresor, evaporator, kondesor dan selang masih dibutuhkan. Selama sistem pendinginan masih menggunakan refrigerant (freon) tidak berubah,” katanya kepada , di Cibubur, Kamis (12/6/2024).

“Sedangkan industri otomotif yang lain semua berubah. Seperti komponen mesin, yang lain-lain saja itu ada puluhan ribu komponen atau part number, dan menurut yang saya tahu nanti ganti mobil listrik paling cuma berjumlah 50 unit komponen,” ujarnya.

“Jadi itu benar-benar mengubah industri,” kata Andrew.

Baca juga: Bus Terbakar Karena Pecah Ban, Begini Logikanya

Komponen AC mobil ada yang bersifat mekanikal hingga elektrikal. Namun pada dasarnya ada tiga komponen penting pada AC yaitu kompresor, kondensor dan evaporator, yang merupakan bagian paling vital.

Bengkel spesialis AC mobil Fortune AC /Gilang Bengkel spesialis AC mobil Fortune AC

Baca juga: Ganti Ban Kecil Jadi Besar Bisa Menyulitkan saat Putar Balik

Saat ini kata Andrew dari ketiga komponen tersebut yang berubah baru kompresor.

Sesuai perkembangan zaman, saat ini kompresor mobil listrik dan hybrid berbeda dengan kompresor mobil konvensional bahan bakar bensin dan solar. Namun sisanya yaitu kondensor dan evaporator pada dasarnya sama.

“Kecuali nanti sudah ditemukan zat lain yang bisa menggantikan freon, yang bisa membuat dingin. baru itu akan mengubah industri AC mobil, AC keseluruhan,” ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat