vadakkuvaasal.com

Video Hyundai Creta Tertimpa Kontainer, Pengemudi Selamat

Hyundai Creta tertimpa kontainer
Lihat Foto

JAKARTA, - Viral di media sosial video yang memperlihatkan Hyundai Creta berwarna putih tertimpa kontainer di Jalan Penjaringan Raya, Jakarta Utara.

Salah satunya diunggah oleh akun Instagram @lowslowmotif, Kamis (13/6/2024). Disebutkan bawa insiden itu terjadi lantaran truk kontainer tidak kuat menanjak dan terguling, sehingga menimpa mobil Hyundai Creta yang berada di bawahnya. Alhasil sport utility vehicle (SUV) asal Korea Selatan itu remuk tertimpa kontainer.

Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Pengemudi mobil Hyundai Creta hanya mengalami luka ringan dan telah dibawa ke rumah sakit terdekat.

Baca juga: Beda Teori dan Kenyataan, Soal Waktu Ideal Servis AC Mobil

“Sebuah truk kontainer mengalami kecelakaan di Jalan Kamal Muara, Penjaringan Jakarta Utara. Truk tersebut menimpa sebuah mobil Hyundai Creta yang masih ada pengemudinya hingga ringsek dan menyebabkan kemacetan, Kamis (13/06) siang. Update terbaru dari lakalantas tersebut, untuk pengemudi mobil creta sudah berhasil dievakuasi,” tulis narasi dalam unggahan tersebut.

Jika berkendara di sekitar truk sebaiknya pengemudi lain menjaga jarak lebih aman. Apalagi, jika truk tersebut membawa muatan yang cukup besar. Langkah ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu muatan yang dibawa oleh truk terlepas. Sehingga bisa membahayakan pengendara yang berada di sekitar truk tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lowslowmotif (@lowslowmotif)

“Terutama dengan truk yang membawa barang yang panjang seperti pipa besi atau truk pembawa kontainer, karena ada kemungkinan barang bawaan dan kontainernya terlepas dan mengenai kita,” ucap Training Director The Real Driving Center (RDC), Marcell Kurniawan.

Kemungkinan penyebab dari jatuhnya muatan tersebut, bisa karena pengikat yang tidak benar. Sayangnya masih ada pengemudi yang tidak benar dalam tata cara memuat barang.

Bambang Widjanarko, Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DIY mengatakan, kasus muatan jatuh dari bak truk biasa terjadi karena cara muatan barang yang salah.

"Yang sering terjadi adalah mengikatnya mereka itu asal-asalan, sehingga pengikatnya lepas atau putus," ujar Bambang.

Bahkan menurut Bambang, tata cara muat barang yang salah ini bisa membunuh pengemudinya karena rem mendadak dan barang lepas ke depan.

“Sedangkan ke belakang, kerap terjadi saat truk menanjak atau berakselerasi,” kata Bambang.

Kecelakaan Truk Kontainer dan Truk Muatan Pasir/ANGGITA NURLITASARI Kecelakaan Truk Kontainer dan Truk Muatan Pasir

Hal-hal seperti itu sering terjadi karena tidak ada training khusus untuk driver, sehingga kurang sosialisasi.

“Biasanya, driver hanya di-training oleh pemilik barang atau bagian gudang," ucap Bambang.

Kondisi pengemudi yang hanya mengalami luka ringan turut menjadi sorotan, terlebih melihat kondisi mobil yang rusak parah karena tertimpa kontainer.

Baca juga: Tak Pandang Benar atau Salah, Kecelakaan Lalu Lintas Pasti Bikin Rugi

Sebagai informasi, Hyundai Creta yang mengalami kecelakaan itu mendapatkan nilai bintang lima. Nilai tinggi tersebut didapat dari tiga aspek, yakni Adult Occupant Protection (AOP), Child Occupant Protection (COP), Safety Assist, dan Motorcyclist Safety (MS).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat