vadakkuvaasal.com

Ada Beda antara Kompresor AC Mobil Listrik, Hybrid, dan Konvensional

Bengkel spesialis AC mobil Fortune AC
Lihat Foto

JAKARTA, - Air conditioner (AC) merupakan fitur penting untuk menunjang kenyamanan di dalam kabin. AC yang panas membuat perjalanan tidak menyenangkan.

Komponen AC mobil ada banyak tapi mayoritas terbagi tiga, yaitu kompresor, kondensor dan evaporator, yang merupakan bagian paling vital.

Baca juga: Tak Pandang Benar atau Salah, Kecelakaan Lalu Lintas Pasti Bikin Rugi

Andrew Prakuswo, pemilik bengkel spesialis AC mobil yaitu Fortune AC, mengatakan, berbeda dengan mobil konvensional kompresor pada mobil hybrid dan listrik pakai kompresor elektrik.

Kompresor AC mobil/Gilang Kompresor AC mobil

Artinya, kompresor sudah tidak bergantung pada putaran mesin, tetapi pakai motor listrik, yang tenaganya diambil dari baterai sehingga tidak membebani mesin.

"Perbedaannya di bagian kelistrikan, kalau mobil konvensional kompresornya ikut putaran mesin, sedangkan mobil listrik dan hybrid itu berbeda kompresornya itu tidak lagi ikut putaran mesin, jadi hanya bergantung pada aki saja," ujar Andrew di Cibubur, Kamis (13/6/2024).

"Untuk yang lainnya sampai saat ini masih sama," katanya.

Baca juga: PO 27 Trans Rilis Trayek Bus Baru Malang - Denpasar

Keuntungan pada jenis kompresor ini salah satunya efisiensi mesin lebih baik karena tidak terbebani oleh AC.

Servis AC Mobil di Fortune AC, Cibubur. /Gilang Servis AC Mobil di Fortune AC, Cibubur.

Kemudian, kompresornya sendiri juga cenderung lebih awet karena putaran kompresor lebih stabil, tidak terpengaruh dari putaran mesin saat mobil sedang dipacu.

Andrew mengatakan, karena kompresornya berbeda, jenis oli yang digunakan juga berbeda.

"Cuma ada beberapa perlakuan yang berbeda, seperti dia olinya beda, beda di jenisnya," kata Andrew.

"Tipe oli (mobil) konvensional itu PAG (Polyalkylene Glycol) dia bisa menghantarkan listrik, sedangkan mobil hybrid dan listrik tidak boleh. Dia pakai tipe POE (Polyolester oil)," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat