vadakkuvaasal.com

Berkendara Aman di Sekitar Kendaraan Besar, Hindari Blindspot

Truk trailer meniban minibus di Jalan Kamal Muara Raya arah Utara, Penjaringan Jakarta Utara, akibat tak kuat menanjak, Kamis (13/6/2024).
Lihat Foto

JAKARTA, - Kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar, kembali terjadi. Belum lama ini Hyundai Creta dengan nomor polisi (nopol) B 2192 UYG tertimpa kontainer dengan nopol B 9826 UEI di Jalan Kamal Muara Raya arah Utara, Penjaringan Jakarta Utara, Kamis (13/6/2024).

Baca juga: Tak Kuat Saat Menanjak, Truk Trailer Menimpa Mobil hingga Ringsek di Penjaringan

Insiden tersebut terjadi karena kontainer kehilangan tenaga untuk menanjak, sehingga mundur dan akhirnya menimpa Hyundai Creta.

Terlepas dari masalah rem blong, sebagai pengemudi kendaraan kecil juga membutuhkan teknik aman berkendara di sekitar kontainer.


Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada beberapa yang perlu diperhatikan saat mengemudi di sekitar kendaraan besar seperti kontainer.

“Waspada bila berada di sekitar truk, karena blind spot truk sangat besar. Jadi triknya pastikan kita masih bisa melihat si pengemudi truk dari spionnya. Bila tidak berarti kita di blind spot truk tersebut,” kata Marcell kepada .

Kemudian, jaga jarak aman apalagi jika truk membawa muatan yang cukup besar. Ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu muatan lepas.

Baca juga: BMW X5 Ini Jadi Hadiah Undian Usai Dipakai Touring Jakarta - Munich

“Terutama dengan truk yang membawa barang yang panjang seperti pipa besi atau truk pembawa kontainer, karena ada kemungkinan barang bawaan dan kontainernya terlepas dan mengenai kita,” katanya.

Terakhir, usahakan berpindah jalur jika melihat ada truk di belakang kita, untuk meminimalisir risiko truk mengalami rem blong.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat