vadakkuvaasal.com

Estimasi Biaya Ganti Komstir Motor Matik di Bengkel Resmi

Servis motor Honda oleh AHASS Kalioso di kantor Tribun Solo.
Lihat Foto

KLATEN, - Komstir merupakan salah satu komponen sepeda motor di area kemudi, selaku pemegang sistem kemudi dengan rangka.

Meski tampak sederhana, faktanya komponen ini dapat mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan pengendara.

Bila komponen ini bermasalah, maka bisa membuat kendali motor terganggu seperti laju tidak stabil, manuver menjadi liar dan dapat menimbulkan bunyi ketukan.

Baca juga: Motor Listrik Yamaha E01 Sudah Dijajal 5.000 Konsumen


Agus, Service Advisor Ahass Cawas, Klaten mengatakan ketika komstir bermasalah maka motor menjadi tidak nyaman saat dikendarai.

“Sedikit banyak dapat mempengaruhi kepercayaan diri pengendara, karena ketika komstir bermasalah laju motor menjadi tidak stabil, akurasi berkendara menjadi kurang karena terdapat gap atau kekocakan saat mengerem,” ucap Agus kepada , Kamis (13/6/2024).

Agus mengatakan sebagian besar kerusakan komstir tidak bisa diperbaiki melainkan harus dilakukan penggantian karena memperhitungkan risikonya.

Baca juga: SIM Bergambar Tidak Hanya untuk Mobil dan Motor

All New Honda Stylo 160 dan Vario 160/ADITYO All New Honda Stylo 160 dan Vario 160

“Jika disetel terlalu kencang, belum tentu juga dapat menghilangkan bunyi atau kekocakan, tapi dari segi kemudi menjadi lebih seret, ini bisa membuat akurasi berkendara terganggu dan membahayakan pengendara,” ucap Agus.

Agus menyarankan ketika kondisi komstir sudah demikian, penggantian sebaiknya dilakukan agar motor tetap nyaman dan aman saat dikendarai.

“Ongkos penggantian komstir mulai Rp 198.000 untuk motor matik, nanti bagian depan semua dibongkar untuk penggantian, penyetelan juga dilakukan agar performanya benar-benar kembali prima,” ucap Agus.

Baca juga: Beredar Video Pembatasan Pembelian Pertalite untuk Mobil 1.400cc dan Motor 250cc

Jadi, estimasi ongkos penggantian komstir pada motor matik mulai Rp 200.000-an sudah termasuk jasa dan onderdilnya. Sehingga bila sudah muncul gejala kerusakan bisa segera menganggarkan dana untuk perbaikan komstir.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat