vadakkuvaasal.com

Jangan Langsung Injak Pedal Gas Setelah Pindah Tuas Transmisi Matik

Menginjak pedal gas
Lihat Foto

JAKARTA, - Mengemudikan mobil dengan transmisi matik memang lebih mudah, sebab tidak perlu menginjak kopling dan memindahkan gigi secara manual.

Meski banyak kemudahan didapatkan pengemudi, namun tetap ada aturan penting yang perlu diikuti agar kendaraan selalu dalam kondisi optimal dan aman.

Salah satu aturan penting yang sering diabaikan oleh banyak pengemudi adalah langsung menginjak pedal gas setelah menggeser tuas transmisi dari posisi N atau P ke posisi D atau mundur R.

Baca juga: Jalan Umum Adalah Milik Bersama, Jangan Mau Menang Sendiri

Tuas Transmisi Wuling New Almaz RS/Adityo Wisnu Tuas Transmisi Wuling New Almaz RS

Hermas Efendi Prabowo, Pemilik Warner Matic Bengkel Spesialis Matik mengatakan, banyak pengendara masih melakukan kesalahan dalam mengoperasikan transmisi matik.

Parahnya kesalahan tersebut sudah menjadi kebiasaan yang tidak disadari, sehingga dilakukan secara-terus-menerus.

“Paling umum itu adalah terlalu cepat berakselerasi saat transmisi baru saja dipindahkan ke posisi D atau R,” kata Hermas kepada , belum lama ini.

Maksudnya, ketika pengemudi sudah memindahkan tuas ke posisi D, dan tanpa ada jeda dia langsung menginjak pedal gas. Padahal momen ini membutuhkan waktu sejenak agar kerja transmisi lebih optimal.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Ganti Filter Udara Sepeda Motor


Hermas mengatakan, sebaiknya jangan langsung tancap gas setelah pindah ke D. Beri jeda kurang lebih beberapa detik, begitu juga saat pindah ke R untuk mundur.

"Sadar tidak sadar hal ini banyak dilakukan dan hal itu pula yang membuat umur transmisi otomatis mudah rusak," kata Hermas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat