vadakkuvaasal.com

Catat, Alarm Honda BeAT Tidak Aktif Otomatis

Ilustrasi All New Honda Beat MY 2024
Lihat Foto

JAKARTA, - All New Honda BeAT sekarang sudah dilengkapi dengan alarm. Penambahan fitur ini tentu buat mengurangi risiko terjadinya pencurian, karena motor gerak sedikit, alarm bisa bunyi.

Cuma, alarm yang ada di Honda BeAT CBS, Deluxe, dan Street ini harus diaktifkan secara manual. Jadi bukan berarti motor dimatikan, dikunci setang, alarm otomatis aktif, tapi ada caranya.

Sarwono Edhi, Technical Service PT Astra Honda Motor (AHM) menjelaskan, alarm akan aktif kalau diaktifkan oleh si pengendara. Jadi manual pengaktifannya, tidak otomatis aktif.

Baca juga: Seberapa Sensitif Alarm di All New Honda BeAT?

Sistem Smart Key di All New Honda BeAT/ADITYO Sistem Smart Key di All New Honda BeAT

"Makanya perlu di off-kan dua kali (kunci putar ke off) dalam rentang tiga detik. Baru alarm aktif," kata Edhi di Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Setelah kunci kontak diputar ke off dua kali, alarm baru aktif setelah satu menit. Rentang waktu tersebut bisa dimanfaatkan pemilik motor buat kunci setang, atau dibiarkan saja.

"Jadi mau aktif atau tidak (alarm) itu pilihan. Misal di rumah tidak perlu diaktifkan, karena itu mengkonsumsi baterai juga," kata Edhi.

Baca juga: Libur Idul Adha, Pelayanan SIM Jakarta Tutup pada 17-18 Juni 2024


Edhi menjelaskan, baterai atau aki BeAT bisa habis kalau alarm dibiarkan aktif terus. Makanya, sistem di alarm akan mati sendiri kalau terus aktif selama 10 hari berturut-turut.

"Alarm akan off sistemnya selama 10 hari. Jadi diaktifkan hari pertama, hari ke-10 nanti mati. Alasannya aki, kapasitas aki BeAT 3,5-5 Ah, beda dengan mobil yang besar," kata Edhi.

Penggunaan alarm di motor memakan aki karena sensor terus aktif sampai ada lampu indikator yang terus berkedip. Makanya, kalau 10 hari motor diam di parkiran dan alarm menyala, nanti akan mati sendiri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat