vadakkuvaasal.com

Sebab Munculnya Bau Gosong Saat Mobil Manual Lewati Tanjakan

Pegas diafragma sistem kopling mobil manual
Lihat Foto

KLATEN, - Bau gosong kerap muncul ketika mobil melewati jalan menanjak. Bau tersebut bisa bersumber dari kendaraan yang kita kendarai atau dari mobil lain.

Kebanyakan mobil transmisi manual akan mengalami kejadian mengeluarkan bau hangus ketika melewati tanjakan ekstrem akibat panas berlebih pada area kampas kopling.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan bau hangus bisa dibilang wajar terjadi karena beban berat mobil manual akan membuat kampas kopling mengalami selip.

Baca juga: Begini Cara Aman Mobil Matik Melewati Tanjakan


“Hanya saja bila sudah bau hangus dan mobil tetap dipaksakan jalan bisa terjadi kerusakan lebih parah pada area kampas kopling, pada suatu titik kopling bisa terbakar,” ucap Hardi kepada , Jumat (14/6/2024).

Hardi mengatakan semakin banyak terjadi selip maka kampas akan semakin panas dan potensi mengeluarkan bau hangus semakin tinggi.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota-Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo mengatakan kesalahan pengoperasian mobil manual di tanjakan juga turut menyumbang bau hangus.

Baca juga: Mengemudikan Mobil Transmisi Manual di Tanjakan Butuh Skil Khusus

Transmisi manual Wuling ConferoIST Transmisi manual Wuling Confero

 

Ketika pedal kopling terlalu lama dimainkan setengah, menurut Muchlis, selip akan terjadi dalam skala besar-besaran.

“Kampas akan lebih cepat aus karena terjadi selip secara terus menerus, bahkan bisa sampai terbakar dengan ditandai bau hangus dan muncul asap dari area mesin,” ucap Muchlis kepada , belum lama ini.

Muchlis mengatakan ketika kampas kopling terbakar cukup parah, maka dapat membuat mobil tidak mau diajukan kembali sehingga penggantian kopling harus dilakukan di lokasi kejadian.

Baca juga: Beli Mobil Manual Bekas Wajib di Tes di Jalan Menanjak

Relawan SAR DIY Distrik Bantul bersama Polri, TNI, Satpol-PP, Paksi Katon dan dibantu sejumlah unsur relawan lainnya membantu pengemudi yang tak kuat menaklukkan tanjakan di Jalur Cinomati, Bantul, Senin (30/12/2019).Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin Relawan SAR DIY Distrik Bantul bersama Polri, TNI, Satpol-PP, Paksi Katon dan dibantu sejumlah unsur relawan lainnya membantu pengemudi yang tak kuat menaklukkan tanjakan di Jalur Cinomati, Bantul, Senin (30/12/2019).

“Kalau terbakarnya belum parah, dan tidak dipaksakan maka cukup menunggunya dingin mobil bisa diajukan kembali,” ucap Muchlis.

Jadi, bila ada indikasi bau hangus muncul dari area mesin mobil yang kita kendarai, sebaiknya pengemudi menepikan mobil sejenak untuk menghindari kerusakan sistem kopling.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat