vadakkuvaasal.com

Mengenal Istilah Bus Single Glass dan Double Glass

Bus baru PO Borlindo
Lihat Foto

JAKARTA, - Kata single glass atau double glass merupakan istilah yang paling sering disebut dalam dunia desain bus.

Namun masih banyak yang belum mengerti arti dari keduanya. Padahal ini menjadi salah satu hal dasar yang perlu diketahui, teruma bagi yang ingin membeli bus. 

Single glass atau double glass merupakan dua pilihan desain yang berbeda. Masing-masing akan mempengaruhi visual dan karakter desain bus. 

Baca juga: Mesin Motor Yamaha Siap Beralih Pakai Bioetanol

Tampilan khas bus single glass adalah pada bagian wajah menggunakan kaca jendela yang terdiri dari satu kaca tebal. Kontruksi kaca tersebut lebih diminati penumpang lantaran saat perjalanan visibilitas lebih nyaman.

Donny Cahyadi, Marketing karoseri Morodadi Prima mengatakan, biaya pembuatan model single glass sedikit lebih murah, selain itu juga saat proses pemasangannya lebih mudah. 

“Model single glass memang sedikit lebih murah pembuatannya. Hal ini karena enggak ada rangka dan pelat yang ada di tengah-tengah kaca depan,” kata Donny kepada beberapa waktu lalu.

Bus baru PO Akas MilaInstagram @hisyam_2542 Bus baru PO Akas Mila

Baca juga: Kemenhub Ingatkan Soal Batas Maksimal Usia Angkutan Umum

Sementara itu, ciri bus model double glass yakni punya bodi di area wajah bus. Model ini memiliki dua kaca pada bagian depan yang dipisahkan pilar horizontal yang biasa disebut bando atau topi.

Kendati memberikan kesan modern, kekurangan model ini adalah penumpang yang ada di dalam kabin kerap kesulitan melihat pemandangan.

Adanya desain bando pada kaca double glass membuat pandangan penumpang dari arah kabin ke luar jadi terhalang.

Bus AKAP PO Sugeng Rahayu Instagram/garasi_bus_adiputro Bus AKAP PO Sugeng Rahayu

Werry Yulianto, Export Manager dari Karoseri Laksana di Ungaran mengatakan, secara konstruksi, model bus double glass ada penguatan pada area depan kendaraan.

Jadi lebih rigid, kuat jika terkena benturan. Selain itu, biaya perbaikan juga lebih murah apabila salah satunya ada yang rusak. 

“Kalau pecah salah satu dari kaca bus, pasti lebih murah model double glass dibanding yang single glass. Tetapi kalau pecah keduanya, pasti lebih mahal yang double glass,” kata Werry.

 

 

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat