vadakkuvaasal.com

Bukan Teknologi Baru, CVT Elektronik NMAX Turbo Sudah Ada Sejak 2002

Mesin dan CVT Yamaha NMAX Turbo
Lihat Foto

JAKARTA, – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan Yamaha NMAX Turbo dengan pembaruan fitur yang cukup canggih.

Salah satu yang menarik adalah ubahan dari sektor transmisi, di mana NMAX Turbo memakai teknologi baru di kelasnya, yaitu Yamaha Electric Continuosly Variable Transmission (YECVT).

Teknologi YECVT membuat fungsi roller pada CVT konvensional tidak diperlukan lagi. Karena, proses menggerakkan puli primer digantikan oleh motor penggerak sehingga proses perpindahannya bisa diatur sesuai keinginan pengendara.

Baca juga: Komparasi Yamaha NMAX Turbo Tech MAX dengan Honda PCX ABS

Saklar kiri Yamaha NMAX Turbo/ADITYO WISNU Saklar kiri Yamaha NMAX Turbo

Untuk merasakan sensasi ‘turbo’ pada skutik bongsor ini, pengendara tinggal memilih 2 Ride Mode, yaitu T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring).

Kedua mode berkendara ini dapat dioperasikan melalui tombol 'Mode' pada bagian depan setang kemudi kiri.

Fitur YECVT makin berguna karena dapat dioperasikan melalui Y-Shift di setang sebelah kiri. Di mana fitur ini memiliki tiga tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3).

Baca juga: Kebiasaan Ini Bisa Bikin Aki Motor Keyless Cepat Tekor

Sehingga cocok dioperasikan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun saat berkendara tandem.

Menariknya, tidak hanya saat akselerasi, Y-Shift juga dapat dipakai untuk melakukan deselerasi kecepatan motor ketika menghadapi jalanan yang menurun dan juga saat masuk tikungan.

Namun demikian, Fitur YECVT atau CVT elektronik ini sebetulnya bukan teknologi baru, tapi Yamaha memiliki sudah fitur ini dari 2007.

Baca juga: Apakah Menggunakan Mode Manual di Mobil Matik Bisa Berdampak Buruk?

Yamaha Majesty 250 jadi skutik pertama Yamaha yang menerapkan teknologi CVT Elektronikarantan.wordpress.com Yamaha Majesty 250 jadi skutik pertama Yamaha yang menerapkan teknologi CVT Elektronik

Dilansir laman dari Webike (16/6/2024), Majesty 250 menjadi pencetus skutik dengan CVT elektronik.

Transmisi otomatis motor ini dapat dikontrol secara elektronik lewat “YCC-AT”. Dengan YCC-AT ini, pengendara dapat memilih antara Assist Mode 1 atau Assist Mode 2.

Assist Mode 1 menjaga rpm mesin tetap tinggi agar sepeda motor melaju dengan gesit, sedangkan Assist Mode 2 untuk meraih topspeed yang lebih tinggi.

Baca juga: SPK Hyundai Kona Electric Diklaim Tembus 300 Unit

Suzuki Skywave 650 jadi skutik pertama di dunia yang menerapkan teknologi CVT Elektronikglobalsuzuki.com Suzuki Skywave 650 jadi skutik pertama di dunia yang menerapkan teknologi CVT Elektronik

Pada Assist Mode 2, pedal gas untuk secara otomatis menurunkan perpindahan gigi dan membuat sepeda motor berakselerasi dengan cara yang paling efektif.

Tapi sebelum Majesty 250, rupanya ada Suzuki Skywave 650 yang menjadi motor pertama di dunia dengan sistem CVT elektronik.

Website Global Suzuki mencatat (16/6/2024), Skywave 650 telah memiliki dua pola perpindahan gigi otomatis sejak 2002.

Fitur ini juga dapat dipilih sesuai keinginan (Mode Daya dan Mode Normal), dan punya mode perpindahan manual 5-percepatan, serta memungkinkan performa yang sporty.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat