vadakkuvaasal.com

Penjelasan Kenapa Ban Mobil Bisa Selip Saat Lewat Tanjakan Curam

Oto Journey 2024 - Toyota Yaris dan Innova Zenix Hybrid
Lihat Foto

SUKOHARJO, - Saat mobil menanjak, membutuhkan tenaga dan torsi besar dengan menambah putaran mesin dan menggunakan gigi rendah.

Tak hanya tenaga, mobil juga membutuhkan traksi yang baik sehingga ketika roda berputar kendaraan dapat melaju karena ban dapat mencengkram permukaan jalan dengan baik.

Salah satu cara menjaga traksi, pengemudi perlu mengurangi putaran roda yakni dengan menurunkan putaran mesin atau memainkan pedal gas dengan lebih pelan.

Baca juga: Cara Benar Mengendarai Mobil Saat Melibas Tanjakan yang Menikung


Berangkat dari fenomena tersebut, muncul anggapan bahwa ketika ban mobil selip saat menanjak, artinya tenaga mobil tersebut terlalu besar.

Lantas, apakah anggapan tersebut benar?

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo mengatakan, saat roda penggerak mobil selip memang diperlukan penyesuaian dalam memainkan pedal gas agar traksinya terjaga.

“Istilahnya memang benar tenaga harus ditahan atau disimpan sebagian agar roda tidak berputar terlalu cepat, traksi akan tetap baik, sedangkan bila digas spontan roda akan selip karena putaran terlalu cepat,” ucap Muchlis kepada , Minggu (16/6/2024).

Baca juga: Kesalahan Pengemudi Saat Melewati Tanjakan Ekstrem Menikung

Video viral Innova Zenix gagal menanjakTangkapan layar Video viral Innova Zenix gagal menanjak

 

Muchlis mengatakan, semakin besar tenaga mobil memang dapat membuat traksi berkurang, sehingga dapat dikatakan tenaganya terlalu besar terhadap traksi ketika roda penggerak selip.

“Namun, hal ini tidak bisa dibandingkan dengan mobil lain, misal karena mobil A mudah mengalami selip saat menanjak bukan berarti mobil B yang tidak mudah selip memiliki tenaga lebih kecil daripada mobil A,” ucap Muchlis.

Muchlis menjelaskan, untuk mengetahui tenaga mobil membutuhkan pengujian berdasarkan hasil dyno test. Hasil tersebutlah yang dapat dibandingkan antara mobil satu dengan lainnya.

Baca juga: Sebab Munculnya Bau Gosong Saat Mobil Manual Lewati Tanjakan

Tombol untuk menonaktifkan fitur auto start stop, parking sensor, traction control, dan elevasi lampu utama/Adityo Wisnu Tombol untuk menonaktifkan fitur auto start stop, parking sensor, traction control, dan elevasi lampu utama

Jadi, mudahnya kehilangan traksi pada suatu mobil saat menanjak tidak bisa dianggap sebagai kelebihan mobil tersebut. Kejadian itu bukan berarti tenaganya lebih besar dibandingkan mobil lain yang tidak mudah selip saat menanjak.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat