vadakkuvaasal.com

Video Nissan March Gagal Menanjak di Tanjakan Bawang-Dieng

Mobil gagal nanjak di Bawang-Dieng.
Lihat Foto

BANJARNEGARA, - Kejadian mobil gagal menanjak di tanjakan masih sering terjadi, apalagi sangat mengkhawatirkan jika sampai kendaraan meluncur ke belakang.

Seperti video unggahan akun Instagram @andreli_48, yang memperlihatkan Nissan March gagal biru gagal menaklukan tanjakan di jalan yang menghubungkan Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang dengan Dieng Banjarnegara, Jawa Tengah.

Dalam video, Nissan March sudah berhenti di salah satu titik tanjakan dan bersiap untuk maju. Namun, saat sudah diarahkan relawan di TKP, mobil malah gagal menanjak dan meluncur ke bawah menabrak mobil di belakangnya.

Baca juga: Penjelasan Kenapa Ban Mobil Bisa Selip saat Lewat Tanjakan Curam

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Andre Li (@andreli_48)

 

Belajar dari peristiwa tersebut, Founder & Training Director Jakarta Defensive (JDDC) Driving and Consulting Jusri Pulubuhu pernah mengatakan,saat berhenti di tanjakan curam pengemudi sebaiknya menggunakan rem tangan.

Fungsinya, untuk menghindari mobil meluncur akibat pengemudi panik dan tidak menguasai kendaraan.

“Waktu berpindah dari pedal rem ke gas itu kan ada 1 detik, biar dia tidak mundur ditahan rem tangan. Prinsipnya sama saja mobil manual, menghindari terlambat menyesuaikan diri. Mesin seakan-akan hilang tenaga," kata Jusri kepada , belum lama ini.

Jusri juga mengatakan, penyesuaian itu yang membutuhkan skill dan jam terbang pengemudi mobil manual.

Baca juga: Cara Berikan Jalan Kendaraan Prioritas, Baiknya Minggir atau Berhenti?

Sedangkan pengemudi mobil matik, lebih aman karena misalnya dia mundur, itu jaraknya tidak seberapa. Kemudian, tancap gas sudah merayap lagi di tanjakan," katanya.

Sementara, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, untuk mobil manual saat stop n go di tanjakan seperti dalam video harus memastikan momen yang tepat agar mesin mencapai torsi maksimal.

Sony mengatakan, teknik yang bisa diterapkan ketika berhenti di jalan menanjak adalah tarik rem tangan dan injak kopling.

Ketika sudah mulai akan berjalan, injak pedal gas bersamaan dengan mengangkat kopling. Pastikan ini dilakukan secara seimbang antara lepas kopling dan injak gas, agar mobil tidak mati.

“Saat mobil bergerak maju, namun laju kendaraan tertahan, momen ini saat pas untuk melepas handrem,” kata Sony.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat