vadakkuvaasal.com

Belajar dari Kecelakaan Mobil Tertimpa Kontainer, Ingat Jaga Jarak

Seorang karyawan BUMN, bernama Suhartono (50), tewas usai ditimpa kontainer truk yang menabrak pembatas jalan di Jalan Pulau Nias Selatan, Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan pada Senin, 10 Juni 2024.
Lihat Foto

JAKARTA, - Dalam selisih waktu kurang dari sepekan, terjadi dua kecelakaan mobil tertimpa kontainer. Kejadian ini memberikan pelajaran betapa pentingnya menjaga jarak dengan kendaraan besar atau berat.

Pada 10 Juni 2024, terjadi kecelakaan truk kontainer menabrak pembatas jalan dan kontainer menimpa Toyota Kijang kapsul. Kemudian, pada 14 Juni 2024, terjadi insiden serupa, Hyundai Creta tertimpa kontainer.

Baca juga: Video Hyundai Creta Tertimpa Kontainer, Pengemudi Selamat

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana, mengatakan, kejadian kecelakaan yang berulang-ulang tersebut akibat terlalu dekat dengan kontainer.

Hyundai Creta tertimpa kontainerinstagram.com/lowslowmotif Hyundai Creta tertimpa kontainer

"Total tinggi kontainer di atas sasis flat deck truk itu di atas 3 meter. Tidak seimbang dengan lebar sasis yang kira-kira cuma 2,5 meter dan tidak rigid," ujar Sony, saat dihubungi , belum lama ini.

"Sehingga, ketika ada di jalan yang bergelombang, jalan yang miring, atau sebelah bannya kurang angin, as roda belakang patah, dan lainnya, maka kontainer di atas sasis flat deck tersebut akan mengalami gangguan keseimbangan dan sasisnya pasti ngulet dan berakibat tumpah sekalipun sudah dikunci," kata Sony.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by interaktive (@interaktive_)

Menurut Sony, pada kondisi tersebut, pengemudi kendaraan yang ada di sebelahnya tidak akan tahu dan susah juga untuk menghindar karena terlalu dekat, dan ini tidak bisa dianggap remeh.

"Paling aman adalah tidak berada di samping atau beriringan dengan kontainer, baik itu sedang berjalan maupun berhenti. Jadi, lebih baik ambil sikap jaga jarak, karena dalam kondisi tidak fokus, egois, maka pengemudi kurang kontrol biasanya sulit untuk bersikap dan berpikir aman," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat