vadakkuvaasal.com

Ini Kebiasaan Buruk Pengemudi Mobil Manual yang Bikin Boros BBM

Ilustrasi berkendara di jalan lurus
Lihat Foto

SUKOHARJO, - Mobil tranmsisi manual harus dikemudikan dengan baik dan benar agar dapat mencapai tenaga optimal. Bila tidak, maka performa mesin menjadi loyo dan berujung boros bahan bakar minyak (BBM).

Lantas, apa saja yang dapat menyebabkan mobil manual boros BBM?

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo mengatakan bila mobil manual dioperasikan tidak memakai gigi percepatan yang tepat dapat menyebabkan boros BBM.

Baca juga: Sebab Munculnya Bau Gosong Saat Mobil Manual Lewati Tanjakan


“Pertama, pengemudi telat memindah persneling ke gigi yang lebih rendah saat mobil melakukan deselerasi, sehingga laju mobil terlalu pelan untuk rasio percepatan tinggi,” ucap Muchlis kepada , Minggu (16/6/2024).

Muchlis mengatakan gigi percepatan yang terlalu tinggi bukan akan meningkatkan tenaga, tapi justru akan menjadi beban mesin.

“Akibatnya mesin bergetar, bahkan bisa sampai mati, tapi bila pedal gas diinjak maka biasanya mesin tetap hidup tapi ini bikin konsumsi BBM lebih boros,” ucap Muchlis.

Baca juga: Beli Mobil Manual Bekas Wajib di Tes di Jalan Menanjak

Ilustrasi transmisi manualSuzukigunungsahari.co.id Ilustrasi transmisi manual

Muchlis mengatakan ketika mesin bekerja terlalu berat tapi laju mobil terlalu pelan maka BBM yang terbakar tidak sebanding dengan jarak tempuhnya. Maka dari itu, mempertahankan gigi tinggi saat deselerasi bukan pilihan tepat.

“Pindah dulu saja ke gigi lebih rendah, sehingga saat akselerasi mobil bisa lari lebih responsif, saat bersamaan juga tidak membuang-buang BBM,” ucap Muchlis.

Selanjutnya, Muchlis mengatakan telat memindah persneling ke gigi yang lebih tinggi juga bisa membuat boros BBM karena rasio percepatan terlalu kecil.

Baca juga: Apakah Menggunakan Mode Manual di Mobil Matik Bisa Berdampak Buruk?

BMW Z4 M40i dapat transmisi manualDok. BMW BMW Z4 M40i dapat transmisi manual

“Putaran mesin sudah tinggi, tapi tidak menghasilkan putaran roda yang tinggi, akibatnya BBM terbakar banyak tapi jarak tempuhnya pendek, ini ditandai suara mesin menggerung atau Rpm terlalu tinggi,” ucap Muchlis.

Mobil manual akan mengalami boros BBM juga bisa dipengaruhi dari perawatannya. Bila kondisi mesin sudah tidak prima maka mobil akan cenderung lebih boros BBM.

“Bila mobil jarang melakukan servis, maka ada potensi performanya menurun, sehingga BBM yang terbakar tidak dapat terkonversi menjadi tenaga secara optimal akibat pembakaran tak sempurna,” ucap Muchlis.

Jadi, ada beberapa kebiasaan buruk pengemudi mobil manual yang bikin boros BBM seperti menggunakan gigi percepatan tidak sesuai dan jarang melakukan perawatan mobil.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat