vadakkuvaasal.com

Cuci Endoskopi, Membersihkan AC Mobil Tanpa Bongkar Dasbor

Servis AC Mobil di Fortune AC, Cibubur.
Lihat Foto


JAKARTA, - Servis AC mobil bisa memakan waktu cukup lama. Sebab AC mobil merupakan salah satu komponen yang sulit dijangkau, terutama bagian evaporator yang umumnya berada di belakang dasbor.

Namun, kini ada cara yang lebih mudah yaitu dengan metode pembersihan pakai kamera endoskopi. Tekniknya mirip-mirip di kedokteran di mana dokter memasukkan alat ke tubuh pasien untuk melihat kondisi organ yang sakit.

Baca juga: Melihat Kemungkinan Hyundai Inster Masuk Indonesia

Andrew Prakuswo, pemilik bengkel spesialis AC mobil yaitu Fortune AC mengatakan, dengan teknik cuci endoskopi ini sistem AC mobil terutama evaporator bisa dibersihkan tanpa harus bongkar dashboard.

Servis AC Mobil di Fortune AC, Cibubur. /Gilang Servis AC Mobil di Fortune AC, Cibubur.

"Cuci endoskopi itu ialah cuci menggunakan kamera. Endoskopi bisa dilihat, ini (evaporator) masih bisa memungkinkan untuk dicuci atau tidak. Konsumen bisa lihat jadi tidak bisa dibohongi," ujar Andrew kepada , di Cibubur, Jakarta Timur, belum lama ini.

Andrew mengatakan, metode ini cukup ampuh merawat AC mobil. Namun catatanya ialah pemilik mesti rajin untuk melakukan metode ini untuk menjaga kondisi AC tetap prima.

Caranya cukup simpel, yaitu pihak bengkel akan memasukkan selang melewati jalur udara hingga sampai di evaporator lalu menyemprotkan pembersih.

Baca juga: Untuk Pertama Kalinya, Valentino Rossi Ikut 24 Hours of Le Mans

"Cuci evaporator di dalam. Tapi dengan catatan evaporatornya belum parah. Bagi orang yang rajin cara ini bisa menjaga kondisi AC tetap baik antara 8-12 bulan," katanya.

 

Bengkel spesialis AC mobil Fortune AC /Gilang Bengkel spesialis AC mobil Fortune AC

Keuntungan lainnya kata Andrew ialah waktu pengerjaan yang relatif singkat hanya 1-2 jam tergantung mobil. Kemudian harga perawatannya juga lebih murah karena sifatnya ialah menjaga kondisi AC.

Selain membersihkan evaporator, layanan cuci endoskopi ini juga membersihkan saringan AC dan juga area blower.

Baca juga: Pasar LMPV Nasional Tumbuh Mei 2024, Avanza Kokoh di Puncak

"Paketnya itu Rp 350.000 untuk cuci endoskopi dan kabin. Jadi kabin juga sudah bersih," ujar Andrew.

"Maka itu perlunya pemilik mobil servis rutin AC. Sebab yang sering terjadi yaitu datang waktu AC sudah tidak dingin. Kalau sudah begitu hampir pasti ada penggantian komponen," kata Andrew.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat