vadakkuvaasal.com

Dashcam Berteknologi AI, Bisa Deteksi Pengguna Jalan Lain

Ilustrasi dashcam di mobil.
Lihat Foto

JAKARTA, - Kebutuhan akan dashcam canggih semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan kesadaran akan pentingnya keamanan berkendara.

Dashcam tidak hanya berfungsi sebagai alat perekam perjalanan, tetapi juga menjadi perangkat penting yang dapat memberikan bukti visual dalam kasus kecelakaan atau insiden di jalan.

Perkembangan teknologi dalam industri dashcam telah menghadirkan berbagai fitur inovatif, seperti resolusi tinggi, perekaman malam hari, dan bahkan integrasi dengan smartphone untuk akses yang lebih mudah. Namun, yang paling menarik adalah potensi penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam perangkat ini.

Baca juga: Bocoran Bus Baru PO Harapan Jaya, Pakai Jetbus 5

Aldi Purnadi, pemilik toko aksesori mobil Hiro OTO menjelaskan, bagaimana AI dapat meningkatkan fungsi dashcam.

"Ke depan kita akan fokus pada AI. Jika AI disematkan dalam dashcam, nanti akan ada human detection. Jadi dia akan mendeteksi apakah ada seseorang saat mobil berjalan sehingga mengurangi risiko tertabrak," kata Aldi Purnadi, akhir pekan lalu saat peresmian toko di Tangerang.

Beberapa dashcam mobil di HiRO OTO.Ilham Karim/ Beberapa dashcam mobil di HiRO OTO.

Fitur human detection yang didukung oleh AI memungkinkan dashcam untuk mendeteksi kehadiran pejalan kaki atau objek lain di sekitar kendaraan, memberikan peringatan dini kepada pengemudi, dan mengurangi risiko kecelakaan.

Selain itu, perkembangan dashcam dengan AI juga mencakup kemampuan untuk mendeteksi perilaku mengemudi yang berbahaya, seperti mengantuk atau berkendara terlalu cepat.

Teknologi ini dapat memberikan peringatan kepada pengemudi untuk mengurangi kecepatan atau berhenti jika diperlukan.

Baca juga: Kata Mahasiswa Soal Pelatihan Safety Riding, Harus Diperbanyak

Dengan semakin canggihnya fitur-fitur yang ditawarkan, permintaan akan dashcam dengan teknologi AI diperkirakan akan terus meningkat.

Pengemudi semakin menyadari pentingnya memiliki alat bantu yang tidak hanya merekam, tetapi juga aktif dalam membantu menjaga keselamatan berkendara.

Aldi Purnadi menambahkan, bahwa inovasi ini tidak hanya bermanfaat bagi pengemudi individu, tetapi juga sangat relevan bagi perusahaan yang memiliki armada kendaraan.

"Teknologi ini sangat cocok untuk perusahaan yang ingin memantau dan meningkatkan keselamatan pengemudi mereka. Dengan human detection dan fitur AI lainnya, risiko kecelakaan bisa diminimalisir," ujarnya.

Dengan perkembangan ini, masa depan dashcam terlihat semakin menjanjikan. Alat ini tidak lagi hanya menjadi pelengkap, tetapi menjadi bagian integral dari sistem keselamatan kendaraan, membantu menciptakan lingkungan berkendara yang lebih aman bagi semua pengguna jalan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat