vadakkuvaasal.com

Teknologi AI Dashcam Mobil, Bisa Deteksi Aktivitas Mencurigakan

Ilustrasi dashcam di mobil.
Lihat Foto

JAKARTA, - Keamanan mobil merupakan kebutuhan mendesak bagi pemilik kendaraan di tengah maraknya kasus pencurian mobil.

Dengan semakin meningkatnya kasus kiriminal pencurian mobil, inovasi teknologi terus berkembang untuk memberikan solusi yang lebih efektif dalam melindungi kendaraan.

Salah satu solusi inovatif adalah penyematan kecerdasan buatan (AI) dalam dashcam. Teknologi AI dalam dashcam mampu mendeteksi aktivitas mencurigakan di sekitar kendaraan dan memberikan peringatan dini kepada pemiliknya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Bus AKAP Double Decker Jakarta-Malang

"AI akan mendeteksi hal-hal mencurigakan, misalnya ada orang yang mukanya tak dikenali dengan gerak-gerik mencurigakan, nanti akan ada alert masuk ke aplikasi handphone," kata Aldi Purnadi, pemilik toko aksesori mobil HiRO OTO di Tangerang, akhir pekan lalu.

Dengan fitur ini, dashcam tidak hanya merekam perjalanan tetapi juga berfungsi sebagai alat pengawasan yang canggih.

Beberapa dashcam mobil di HiRO OTO.Ilham Karim/ Beberapa dashcam mobil di HiRO OTO.

Saat terdeteksi adanya aktivitas mencurigakan, seperti seseorang yang tidak dikenal dengan gerakan mencurigakan di dekat mobil, sistem akan segera mengirimkan pemberitahuan ke aplikasi di ponsel pemilik. Hal ini memungkinkan pemilik untuk segera mengambil tindakan yang diperlukan.

Penyematan AI dalam dashcam juga memberikan pemantauan real-time saat mobil diparkir, membantu mencegah tindakan pencurian sebelum terjadi.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Menyalakan AC Mobil Jangan Langsung Full

Fitur ini memberikan lapisan keamanan tambahan yang sangat penting bagi pemilik mobil.
Dengan teknologi yang terus berkembang, diharapkan perangkat seperti dashcam berbasis AI dapat membantu mengurangi angka pencurian mobil dan memberikan rasa aman bagi pemilik kendaraan di seluruh Indonesia.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat