vadakkuvaasal.com

Apakah Motor Matik Wajib Punya Sistem Pengereman ABS?

Tampilan cover radiator Yamaha NMAX Turbo
Lihat Foto

KLATEN, - Anti lock-brake system (ABS) banyak disematkan pada mobil modern guna meningkatkan keselamatan pengendara khususnya saat bermanuver.

Rupanya, ABS juga mulai banyak disematkan pada sepeda motor termasuk skutik yang dianggap mudah mengalami rem blong.

Lantas, apakah ABS perlu dijadikan perangkat wajib pada motor matik guna mencegah terjadinya rem blong?

Baca juga: Estimasi Biaya Ganti Komstir Motor Matik di Bengkel Resmi


Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT YIMM, mengatakan ABS merupakan teknologi pada sistem rem agar pengereman lebih efisien dan aman.

“Bila bicara rem blong pada motor matik maka tak bisa terlepas dari kemampuan pengendara dalam melakukan pengereman dan teknologi, keduanya saling berhubungan agar terwujud keselamatan berkendara,” ucap Anton kepada , beberapa waktu lalu.

Anton mengatakan pengendara motor wajib memahami soal safety riding terkait antisipasi terhadap risiko selama berkendara termasuk adanya potensi rem blong.

Baca juga: Pengguna Motor Matik Jangan Malas Melakukan Perawatan CVT

Yamaha NMAX Turbo/ADITYO WISNU Yamaha NMAX Turbo

“Pengendara harus bisa memahami kondisi jalan, sehingga pengereman yang dilakukan tidak membebani komponen rem dan tidak membahayakan, adanya teknologi ABS bisa membantu,” ucap Anton.

Hanya saja, Anton mengatakan ABS tidak wajib disematkan pada semua motor matik karena pengereman dengan cara manual sebenarnya bisa dilakukan pengendara.

“Yakni dengan mengocok tuas rem secara manual, itu sama saja mengaplikasikan prinsip kerja ABS, tujuannya agar roda tidak mengunci dan traksi tetap baik, sehingga saat laju motor tetap terkendali,” ucap Anton.

Baca juga: Daftar Harga Skutik 150 cc Bekas mulai Rp 13 Jutaan

Ilustrasi posisi tangan saat berkendaraDok. Wahana Honda Ilustrasi posisi tangan saat berkendara

Dengan demikian, menurut Anton, pengereman tetap bisa dilakukan dengan efisien dan aman meski motor tak dilengkapi ABS.

Jadi, motor matik yang tidak dilengkapi ABS tetap bisa melakukan pengereman dengan aman bila pengendara memahami caranya.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat