vadakkuvaasal.com

Biasakan Tengok Kolong Mobil Sebelum Jalan, Bisa Jadi Ada Kucing

Kolong mobil kerap menjadi tempat berteduh kucing
Lihat Foto


JAKARTA, - Salah satu kebiasaan yang perlu ditingkatkan oleh pengemudi mobil sebelum berkendara ialah mengecek kolong mobil. Sebab sering terjadi kolong mobil jadi tempat bersembunyi kucing.

Timbul pertanyaan, mengapa kucing suka berada di kolong mobil? Kucing yang berada di kolong pun bukan cuma kucing peliharaan tapi juga kucing liar.

Baca juga: Orang Tua Harus Larang Anaknya Berburu Klakson Telolet

Menanggapi hal tersebut, drh. Rudal Jetta Bayusalaksa, MSc, dari Kit Kat petshop and petcare, Yogyakarta, mengatakan, ada dua alasan utama kucing sering "ngumpet" di kolong atau di dekat ban mobil.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JUAL BELI MOBIL BEKAS BERKUALITAS (@mobcars.id)

"Mengapa kucing suka berada di kolong mobil karena hangat. Kucing suka di tempat-tempat yang hangat terutama di musim hujan dan juga buat kucing-kucing liar," ujar Jetta kepada , Selasa (18/6/2024).

"Jadi pertama hangat. Kedua kucing naturalnya bukan top predator, kucing adalah pemangsa dan dimangsa. Jadi kucing akan mencari shelter (tempat) bersembunyi yang aman," katanya.

Untuk itu disarankan buat pemilik mobil mengecek kolong mobil saat hendak jalan, apalagi jika mobil sudah diparkir cukup lama.

Baca juga: Kolaborasi Honda dan Mitsubishi, Bikin Perusahaan Baterai EV

"Bagi kucing ngumpet di kolong mobil ialah shelter yang aman seperti goa buat manuasia. Kemudian kolong mobil itu lebih gelap dari sekitarnya, di mana kucing itu sebetulnya senang di tempat yang lebih redup daripada manusia," ujarnya.

Kolong mobil biasanya jadi tempat berlindung kucing/Aprida Mega Nanda Kolong mobil biasanya jadi tempat berlindung kucing
Kolong mobil biasanya jadi tempat berlindung kucing/Aprida Mega Nanda Kolong mobil biasanya jadi tempat berlindung kucing

Jika malas melongok ke kolong mobil, pengemudi bisa membunyikan klakson agar kucing sadar kemudian beranjak dari tempatnya.

"Kalau pengemudi melihat kucing di kolong diambil saja. Dipastikan tidak ada kucing yang lain di kolong," katanya.

"Membunyikan klakson sebelum gas (jalan) juga membantu, kadang kucing jadi kabur," ujar Jetta.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat