vadakkuvaasal.com

Mitos atau Fakta, Kemoceng Bisa Cegah Kucing Naik ke Kap Mobil

Ilustrasi kucing peliharaan telantar di Perancis.
Lihat Foto

JAKARTA, - Kucing yang suka naik ke kap akan meresahkan pemilik mobil. Sebab ditakutkan kuku kucing yang tajam bisa menggores cat.

Salah satu cara yang masih dilakukan pemilik mobil ialah menaruh kemoceng atau alat pembersih debu dari bulu ayam. Kemoceng dipercaya dapat membuat kucing malas "nongkrong" di kap mobil.

Baca juga: Ini Pemicu Terjadinya Rem Blong pada Skutik

Menanggapi hal tersebut, drh. Rudal Jetta Bayusalaksa, MSc, dari Kit Kat petshop and petcare, Yogyakarta, mengatakan, menaruh kemoceng buat menangkal kucing naik ke atas mobil hanya mitos.

Ilustrasi kucing dan kotak pasir atau kotoran.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi kucing dan kotak pasir atau kotoran.

"Apakah benar menaruh kemoceng bisa mencegah kucing naik ke kap mesin, bagaimana dari sudut pandang kedokteran? tidak ada, ini hanya mitos," ujar Jetta kepada , Selasa (18/6/2024).

"Sebab kucing juga tidak takut kepada kemoceng. Jadi biasanya malah buat mainan. Kalau dari sudut pandang kedokteran itu tidak benar," katanya.

CEO Topcoat Indonesia Christopher Sebastian, mengatakan, cara paling ampuh mencegah kucing naik ke atas mobil ialah dengan menggunakan suara dan bau yang menyengat.

Baca juga: Ini Penyebab Pebalap MotoGP Makin Sering Kena Arm Pump

Cara pertama ialah memasang suara ultrasonic yang ada di aplikasi handphone. Suara melengking membuat kucing tak nyaman dan dengan begitu kucing akan menghindar.

Sediakan perlengkapan seperti kain lembut yang sudah dibasahi deterjen ringan, kemoceng atau penyedot debu, hingga hairdryer untuk membersihkan kipas angin tanpa dibongkar pasang.FREEPIK/JCOMP Sediakan perlengkapan seperti kain lembut yang sudah dibasahi deterjen ringan, kemoceng atau penyedot debu, hingga hairdryer untuk membersihkan kipas angin tanpa dibongkar pasang.

Baca juga: IPOMI Nilai Penindakan Bus dengan Telolet Masih Minim di Daerah

Kemudian untuk bau, pemilik mobil bisa juga menggunakan bumbu dapur yang menyengat seperti merica, lada, daun mint dan buah lemon. Karena itu semua membuat kucing tidak nyaman.

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan spray anti nyamuk yang beraroma lavender atau rosemary.

“Semprotkan cairan tersebut ke atas mobil, ini akan membuat kucing tidak suka dengan aromanya,” kata Christopher.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat