vadakkuvaasal.com

Akio Toyoda Terpilih Kembali Menjadi Kepala Komisaris Toyota

Akio Toyoda, mantan presiden dan CEO Toyota
Lihat Foto

JAKARTA, - Akio Toyoda, cucu dari pendiri Toyota, Kiichiro Toyoda, telah terpilih kembali menjadi anggota dewan perusahaan. Toyoda terpilih menjadi Kepala Komisaris bersama dengan sembilan anggota dewan lainnya.

Meskipun ada kekhawatiran mengenai kepemimpinannya dalam beberapa tahun terakhir. Khususnya, karena melihat terjadinya skandal uji tabrak dan sertifikasi yang terjadi dalam setahun belakangan ini.

Baca juga: Bos Toyota Akio Toyoda Kecelakaan Saat Geber GR Yaris

Terlepas dari jabatannya, Toyoda merupakan seorang pecinta otomotif. Mantan CEO Toyota ini tidak takut untuk mengikuti balapan dan memacu mobilnya kencang.

Koji Sato (kiri) bersama Akio Toyoda (kanan)Dok. TMC Koji Sato (kiri) bersama Akio Toyoda (kanan)

Dikutip dari Carscoops.com, Rabu (19/6/2024), Toyoda juga terkenal sebagai salah satu orang di balik pembuatan GR Yaris dan GR Corolla. Dia berusaha membuat Toyota tidak menjadi perusahaan yang membosankan.

Terlepas dari kesuksesan penjualan, terpilihnya kembali Toyoda bukanlah sebuah kepastian. Pada awal 2023, Toyoda mengundurkan diri dari jabatannya selama 14 tahun sebagai presiden perusahaan untuk menjadi komisaris.

Baca juga: Akio Toyoda Lepas Jabatan Ketua Asosiasi Produsen Mobil Jepang

Akio Toyoda balapan menggunakan Toyota GR YarisDok. Carscoops.com Akio Toyoda balapan menggunakan Toyota GR Yaris

Terpilihnya Toyoda sebagai kepala komisaris juga tidak sepenuhnya mendapatkan dukungan. Dia mendapatkan penentangan dari beberapa investor, khususnya investor dari luar negeri.

Sejak dia melepas jabatan presiden, produsen mobil ini diguncang oleh pengungkapan kecurangan dalam uji tabrak di bawah anak perusahaannya, Daihatsu. Begitu pula dengan Hino, produsen truk milik Toyota, dinyatakan bersalah memalsukan data emisi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat