vadakkuvaasal.com

Tanda Busi Motor Matik Sudah Minta Diganti

Kondisi fisik busi motor matik sudah waktunya ganti
Lihat Foto

KLATEN, - Busi pada sepeda motor matik berperan krusial dalam menjaga performa serta efisiensi konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Tanpa busi prima, maka tenaga motor matik bisa berkurang, bisa membuat boros BBM bahkan emisi karbon menjadi meningkat.

Maka dari itu, busi wajib diganti secara berkala atau bila performanya sudah menurun. Lantas, seperti apa tanda busi motor matik sudah minta diganti?

Baca juga: Jangan Tunggu Rusak, Pakai Motor Matik Wajib Rutin Ganti Oli Gardan


Gio, Pemilik Giovani Motor Cawas, Klaten mengatakan tanda busi motor matik sudah waktunya ganti bisa dilakukan pemeriksaan secara visual, namun bisa juga ditinjau dari performanya.

“Pengendara akan merasakan penurunan performa, motor matik menjadi kurang bertenaga, selain itu akselerasi tidak halus, seperti brebet, sehingga pengendara akan merasakannya dengan mudah,” ucap Gio kepada , Selasa (18/6/2024).

Selain dari performa yang menurun, Gio mengatakan gejala busi bila busi sudah bermasalah bisa berupa bau asap knalpot tidak wajar karena terjadi pembakaran tak sempurna.

Baca juga: Apakah Motor Matik Wajib Punya Sistem Pengereman ABS?

Ilustrasi busi motor yang sudah rusak akibat mesin overheating/Daafa Alhaqqy Ilustrasi busi motor yang sudah rusak akibat mesin overheating

“Bau asap knalpot seperti ada campuran uap bensinnya, itu menandakan bensin tidak terbakar secara optimal, ada sisa bensin yang terbuang, bila diperiksa visual pada ujung busi biasanya warna lebih gelap” ucap Gio.

Gio mengatakan warna gelap pada ujung busi tersebut merupakan kumpulan bensin yang menempel akibat sisa pembakaran.

“Perlu dikonfirmasi apakah benar busi yang menyebabkan pembakaran tak sempurna tersebut dengan memeriksa percikan bunga apinya, jika memang sudah kecil artinya memang busi sudah waktunya diganti,” ucap Gio.

Baca juga: Kenapa Banyak Motor Matik Mengalami Rem Blong?

Ilustrasi busi motor yang sudah rusak akibat mesin overheating/Daafa Alhaqqy Ilustrasi busi motor yang sudah rusak akibat mesin overheating

Selain percikan bunga apinya kecil, Gio mengatakan retakan di bodi keramik busi juga bisa membuat performa menurun karena terjadi kebocoran tegangan listrik.

“Bila keramik pecah, maka ada potensi listrik tegangan busi lewat samping dan akhirnya membuat percikan bunga api di ujung elektroda busi melemah, ini juga bisa memicu pembakaran tak sempurna,” ucap Gio.

Nah, itu tadi beberapa tanda busi motor matik sudah waktunya diganti yakni dengan mengenali gejala serta tandanya di fisik busi.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat