vadakkuvaasal.com

Peran Ban Tingkatkan Kecepatan Motor MotoGP

Semua motor MotoGP saat ini memakai ban dari Michelin yang menjadi pemasok ban tunggal sejak 2016.
Lihat Foto


JAKARTA, - Motor MotoGP semakin kencang setiap tahun. Perkembangan teknis di bidang mesin, elektronik, dan aerodinamika, serta kemampuan pebalap merupakan sumber utama motor MotoGP makin cepat.

Namun di balik itu, perkembangan teknologi ban dianggap sebagai salah satu kunci motor MotoGP bisa sekencang saat ini.

Baca juga: Ini Pemicu Terjadinya Rem Blong pada Skutik

Tanpa ban yang prima mustahil transfer daya yang dihasilkan mesin tersalur dengan baik ke aspal. Sebab ban adalah satu-satunya komponen di motor yang menyentuh trek.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024

Untuk diketahui, catatan waktu balapan di GP Perancis, di Sirkuit Le Mans pada 2023 membukukan waktu 41 menit 37 detik, dan pada 2024 waktu tersebut berkurang jadi 41 menit 23 detik.

Kemudian di GP Italia, Mugello, pada 2023 Pecco Bagnaia mencatatkan waktu 41 menit 16 detik, sedangkan pada 2024 menjadi 40 menit 51 detik atau berkurang 25 detik selama balapan.

Piero Taramasso, penanggung jawab ban Michelin mengatakan, jawaban mengapa motor MotoGP saat ini bisa kencang sekali sebab pabrikan ban berusaha menciptakan ban dengan kompon yang sempurna.

Baca juga: PO Madinah Trans Rilis Sleeper Bus, Pakai Kelir Anyar

Michelin sambut tes pramusim MotoGP 2022 dengan menyiapkan 25 tim Motorsport yang terdiri dari tyre fitters, race tyre engineers, manajer, kordinator lapangan, serta media dan komunikasi.Dok. Michelin Michelin sambut tes pramusim MotoGP 2022 dengan menyiapkan 25 tim Motorsport yang terdiri dari tyre fitters, race tyre engineers, manajer, kordinator lapangan, serta media dan komunikasi.

"Apa yang mereka cari adalah meningkatkan konsistensi dan performa, dan itulah yang kami lihat di saat balapan. Ini bukan tentang melaju lebih cepat, tapi tentang mempertahankan level," katanya dilansir dari Paddock GP, Rabu (19/6/2024).

"Dan itulah yang telah kami lihat sebelumnya. Itu yang mereka cari, tapi ternyata hal itu juga meningkatkan performa motor dalam satu putaran,” ujarnya.

Nyatanya saat ini ialah ban bukan cuma karet bundar yang berada di roda motor, melainkan jadi komponen di motor tersebut.

Brad Binder saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024Dok. @bradbinder Brad Binder saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024

Saat ini ban MotoGP sangat canggih, ban belakang punya sensor. Tim dapat mengetahui suhu luar, suhu udara di dalam ban, tekanan udara di dalam ban hingga suhu pelek.

Hasilnya dapat dilihat dari top speed alias kecepatan puncak yang dihasilkan pebalap MotoGP. Hanya dalam empat musim, kecepatan motor bisa bertambah hingga nyaris 10 km per jam.

Pada 2019 rekor kecepatan dibuat oleh Andrea Dovizioso mengendarai Ducati mencatat 356,7 km/jam di Sirkuit Mugello, Italia. Pada 2023, pebalap Red Bull KTM Brad Binder meraih 366,1 km/jam di sirkuit yang sama.

Terkini Lainnya

New

Recommend

New2

Recommend2

Tautan Sahabat