vadakkuvaasal.com

Belajar dari Kecelakaan Porsche, Jangan Mendahului dari Bahu Jalan Tol

Kecelakaan Porsche tabrak belakang truk di tol dalam kota sekitar Kuningan
Lihat Foto

JAKARTA, - Insiden Porsche yang menabrak belakang truk di tol dalam kota sekitar Kuningan, Jakarta Selatan, sampai merenggut nyawa pengemudi. Untuk itu, penting sekali belajar dari insiden ini.

Kasat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Hasby Ristama, mengatakan, kejadian bermula saat kendaraan Porche melaju dari arah barat atau Semanggi menuju ke timur atau Kuningan, dengan menggunakan lajur 1.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Porsche di Medan

"Setibanya di KM 5+200 B sebelum GT Kuningan 2, Porsche menabrak bagian belakang truk besi," ujar Hasby, saat dihubungi , Rabu (19/6/2024).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

Pada video yang diunggah oleh akun Instagram @tmcpoldametro, terlihat saat Porsche menabrak belakang truk, posisi kedua kendaraan berada di bahu jalan.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, tabrak belakang di lajur bahu jalan terjadi oleh beberapa faktor. Paling menonjol akibat agresif berkendaranya.

Baca juga: Porsche Tabrak Livina, Sekian Batas Kecepatan Aman Mengemudi di Jalan Tol

"Kita tahu fungsi dari bahu jalan hanya untuk darurat atau kendaraan berhenti karena bermasalah. Jika ada kecelakaan di lajur ini, perlu dipertanyakan kenapa dia ada di lajur ini," kata Sony, saat dihubungi , belum lama ini.

Kecelakaan Porsche tabrak belakang truk di tol dalam kota sekitar KuninganDok. Polres Metro Jakarta Selatan Kecelakaan Porsche tabrak belakang truk di tol dalam kota sekitar Kuningan

Sony menambahkan, hampir pasti yang bersangkutan mau mendahului dari kanan atau lalu lintas padat, tapi tidak bisa. Akhirnya, berzig-zag ambil bahu jalan.

"Jika si (pengemudi) Porsche melaju di bahu jalan dengan kecepatan rendah 5 kilometer per jam, pasti bisa melihat objek di depannya dengan jelas dan tidak mungkin terjadi tabrak belakang," kata Sony.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat