vadakkuvaasal.com

Video Penumpang Sembarang Buka Pintu Mobil, Bikin Motor Kecelakaan

pengendara sepeda motor jatuh akibat penumpang mobil buka pintu sembarangan
Lihat Foto

JAKARTA, - Tanpa disadari, banyak pengguna mobil yang tidak berhati-hati atau sembarang membuka pintu saat parkir di pinggir jalan. Biasanya tanpa memperhatikan lalu lintas atau kendaraan di sekitarnya.

Akibat membuka pintu mobil yang tidak berhati-hati ini sering memicu terjadinya kecelakaan.

Seperti salah satu contoh video yang diunggah oleh akun Instagram @memomedsos. Dalam rekaman tersebut terlihat sepeda motor yang dikemudikan oleh wanita terjatuh, akibat menabrak pintu mobil yang dibuka secara tiba-tiba. Padahal, seharusnya kejadian semacam itu bisa dihindari.

Baca juga: Penting Merawat Pelek Mobil agar Tetap Kinclong

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, insiden tersebut bisa terjadi lantaran tidak adanya kepedulian sesama pengguna jalan.

"Edukasi harus dipelajari, tetapi kepedulian itukan insting. Mau keluar mobil sih boleh-boleh saja lewat kanan atau kiri, tapi kan kalau dia peduli keselamatan bisa lihat belakang dulu misalnya," ucap Sony, kepada , Rabu (19/6/2024).

Director and Founder Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting menambahkan, saat parkir di pinggir jalan pengemudi mobil harus memahami beberapa hal ini.

“Kalau memang harus parkir dipinggir jalan, usahakan banyak mepet ke kiri, sehingga tidak memakan ruas jalan. Dan untuk penumpang wajib keluar dari arah kiri saja, sehingga tidak beresiko dengan pengguna jalan lain dari arah belakang kita,” ujar Roslianna beberapa waktu lalu kepada .

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MEMOMEDSOS (@memomedsos)

Roslianna melanjutkan, ketika parkir paralel di pinggir jalan wajib lurus, sehingga apabila ada kondisi tertentu kendaraan tersebut mudah didorong dan meminimalisir adanya resiko.

“Hal penting lainnya yang perlu dilakukan sebelum kita membuka pintu adalah kita wajib menoleh kebelakang terlebih dahulu, memastikan kondisi aman, baru membuka pintu sedikit saja perlahan-lahan, sambil tetap waspada ke arah belakang,” kata dia.

Baca juga: Mengapa GPS Khusus Tetap Unggul dari Ponsel Pintar

Tujuannya untuk membangun awareness pengendara atau pengguna jalan lain. Ketika sudah dirasa aman silahkan buka pintu, namun tidak perlu lebar-lebar, cukup untuk mengeluarkan tubuh.

“Apabila keluar dari mobil lebih aman mengarah ke belakang, agar kita tidak membelakangi arah lalu lintas. Hal ini pun wajib diajarkan ke anak- anak kita, sehingga tidak terjadi hal tersebut, mengingat kurangnya tingkat kewaspadaan pada anak,” ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat