vadakkuvaasal.com

Bisakah NMAX Lama Upgrade Pakai CVT Elektronik?

Salah satu ubahan yang paling kentara dari NMAX Turbo adalah kehadiran teknologi baru Yamaha Electric Continuosly Variable Transmission (YECVT). Fitur ini membuat fungsi roller pada CVT konvensional tidak diperlukan lagi
Lihat Foto

JAKARTA, – Komponen CVT Elektronik cukup menarik perhatian karena dapat meningkatkan performa, sekaligus mempermudah perawatan berkala pada Yamaha NMAX Turbo.

Seperti diketahui, NMAX Turbo telah mengusung YECVT atau Yamaha Electronic Continous Variable Transmission.

Komponen ini fungsinya menggantikan roller yang bekerja mendorong mangkuk puli agar belt bisa naik dan turun.

Baca juga: Kronologi Porsche Tabrak Belakang Truk di Jalan Tol

Mesin dan CVT Yamaha NMAX Turbo/ADITYO WISNU Mesin dan CVT Yamaha NMAX Turbo

Dengan keunggulan tersebut, apakah ada potensi agar komponen ini bisa dipakai pada mode lama atau NMAX non-Turbo?

Pemilik bengkel spesialis skutik Gas Motor Toga Fantiarso, mengatakan, secara umum modifikasi ini bisa saja dilakukan tapi dengan beberapa syarat.

“Secara bisa, ya bisa. karena bentuk crankcase atau kruk as-nya kan sama. Paling tambah device baru saja,” ujar Toga, kepada (18/6/2024).

Baca juga: Sopir Bus yang Bunyikan Klakson Telolet Tak Paham Aturan Lalu Lintas

“Tapi, sepertinya agak repot, agak sulit karena coak-coak crankcase. Jadi harus bikin braket dan housing-nya,” kata dia.

Sementara itu, Yoga Ningrat, pemilik bengkel spesialis skutik Yoga Motoshop, mengatakan, modifikasi ini hanya bisa dilakukan pada motor tipe tertentu.

“Bisa, tapi untuk generasi kedua, yaitu All New NMAX atau All New Lexi. Terutama All New Lexi itu lebih bisa lagi, karena lebih banyak persamaan di crankcase,” ucap Yoga, kepada (18/6/2024).

“Kenapa bisa? Karena bentuk crankcase-nya sama. Jadi kalaupun ada yang mau modif, tinggal modif dudukan gir E-CVT-nya saja. Kalau untuk yang NMAX lama memang agak sulit, karena bentuk crankcase-nya beda,” ujarnya.

Terkini Lainnya

New

Recommend

Tautan Sahabat