vadakkuvaasal.com

Fenomena Kirim Motor Pakai Bus yang Terkesan Memaksakan

Video motor dimasukan ke bagasi bus tipe ladder frame
Lihat Foto

JAKARTA, - Viral cuplikan video yang memperlihatkan motor sedang diangkut ke bagasi bus. Jasa pengiriman motor menggunakan bus memang sudah ada sejak lama, namun pada video tersebut jadi perbincangan banyak orang lantaran terkesan memaksakan.

Sebab motor itu diangkut ke bagasi bus dengan spesifikasi yang tidak sesuai. Bahkan proses pengangkutan motor tersebut tidak didukung oleh alat penunjang keamanan motor seperti tali atau semacam. 

Kejadian itu terekam dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @lowslowmotif, hanya saja tidak disebutkan apa nama PO bus tersebut dan tidak ada keterangan lokasi serta waktu kejadianya. 

Dimas Raditya marketing Karoseri Tentrem mangatakan, seharusnya memasukan motor ke bagasi bus seperti pada video tersebut tidak boleh dilakukan. 

Baca juga: Tanda Busi Motor Matik Sudah Minta Diganti

"Tidak bisa seharusnya. Harusnya kalau bagasi bus yang ingin digunakan untuk mengangkut motor adalah tipe space frame bukan ladder frame seperti di video," katanya kepada , Rabu (19/6/2024). 

Spesifikasi ladder frame punya bentuk layaknya tangga, dua baja sejajar yang dihubungkan dengan baja lain. Maka dari itu sasis jenis ini biasanya punya bagasi bus yang tidak tembus dari sisi kiri ke kanan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lowslowmotif (@lowslowmotif)

Baca juga: Penting Merawat Pelek Mobil agar Tetap Kinclong

Sementara itu untuk space frame, bermula dari model bogey atau pendek yang dipotong lalu dihubungkan dengan sasis. Maka dari itu jenis sasis ini menciptakan ruang bagasi yang lebih luas lantaran tembus dari sisi kiri ke sisi kanan. 

Menurut Dimas, apabila PO bus memaksakan untuk memasukan motor ke bagasi dengan tipe yang seperti di video, tidak hanya akan merusak motornya saja tapi merusak bodi bus. Sebab ukuran bodi bus pada video tersebut juga tidak sesuai fungsinya untuk mengangkut sepeda motor. 

"Kalau di karoseri Tentrem bodi bus yang mengangkut motor adalah Avante H8 atau Avante H9," kata Dimas. 

Adapun Avante H8 atau Avante H9 merupakan produk bodi bus buatan Karoseri Tentrem yang punya keunggulan bagasi yang luas dan lebih tinggi sehingga cocok untuk mengirim motor.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat