vadakkuvaasal.com

Honda HR-V Berubah Jadi Vezel Modulo ala Jepang

Modifikasi Honda HR-V tampil sporty ala Jepang
Lihat Foto

JAKARTA, - Honda HR-V generasi lawas saat ini masih menjadi salah satu pilihan konsumen keluarga di Indonesia. Hal ini terbukti dengan populasinya yang masih banyak berseliweran di jalan Ibu Kota.

Meski generasi anyar sudah meluncur pada awal tahun 2022 lalu, tak membuat HR-V lawas ditinggalkan penggemarnya. Bahkan beberapa pemilik justru melakukan modifikasi agar tampilan mobilnya tetap segar dan modern.

Baca juga: Toyota Innova BEV Jadi Unit Antar-Jemput Hotel-Bandara di Bali

Seperti yang dilakukan oleh Gerald Fernando. Pria asal Surabaya ini menceritakan awal mula dirinya meminang Honda HR-V SE, hingga akhirnya memutuskan untuk melakukan modifikasi.

Modifikasi Honda HR-V tampil sporty ala Jepangdok pribadi Gerald Fernando Modifikasi Honda HR-V tampil sporty ala Jepang

“Mobil ini awalnya dibeli untuk kebutuhan sehari-hari, seperti perjalanan dari rumah ke kantor atau untuk digunakan istri dalam aktivitas jarak dekat. Mobil ini jarang sekali digunakan untuk perjalanan jauh ke luar kota, kecuali ada kebutuhan untuk acara lari bersama teman atau mengikuti kontes di luar kota,” ucap Gerald, kepada , Rabu (19/6/2024).

Seiring berjalannya waktu, Gerald akhirnya memutuskan untuk melakukan modifikasi pada Honda HR-V miliknya.

Menurut Gerald, pemilik HR-V yang melakukan modifikasi pada mobilnya masih relatif sedikit dibandingkan dengan Honda Brio atau Jazz. Hal ini lah yang memicu dirinya untuk menghidupkan komunitas modifikasi Honda HR-V.

Modifikasi Honda HR-V tampil sporty ala Jepangdok pribadi Gerald Fernando Modifikasi Honda HR-V tampil sporty ala Jepang

Gerald kemudian memutuskan untuk memodifikasi Honda HR-V miliknya dengan desain edisi terbatas dari Jepang, di mana HRV dikenal sebagai Honda Vezel.

“Ketika pertama kali melihat Vezel Modulo X Concept di Tokyo Auto Salon 2019, saya langsung jatuh hati. Namun, karena barang ini sangat terbatas dan hanya untuk pasar Jepang, tantangannya adalah bagaimana mendapatkan dan mengkonversinya,” kata Gerald.

Gerald melanjutkan, untuk memodifikasi Honda HR-V dengan tampilan Jepang tidak mudah. Ia pun mengadopsi aliran modifikasi dari tuner Jepang, untuk sementara. Hingga pada 2023, dirinya berhasil konversi HR-V miliknya menjadi Vezel Modulo X Jepang, menjadi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia pada waktu itu.

Menjelang akhir 2023, modifikasi ini mulai dikenal oleh banyak pengguna HRV, dan beberapa orang mulai mengadopsi konsep yang sama.

Modifikasi Honda HR-V tampil sporty ala Jepangdok pribadi Gerald Fernando Modifikasi Honda HR-V tampil sporty ala Jepang

Modifikasi HR-V milik Gerald meliputi bagian eksterior, interior, sampai kaki-kaki. Untuk eksterior, Gerald melakukan full convert OEM+ seperti Vezel Modulo X, namun pria berusia 34 tahun itu menambahkan sentuhan pribadi untuk menciptakan ciri khas.

“Beberapa ciri khas yang menarik termasuk custom garnish belakang lampu yang dikombinasikan dengan ducktail, serta custom dual exhaust dengan titanium tip yang jarang diterapkan orang lain. Saya juga menambahkan roofbox dari Zoom Tuning dengan merk Inno Wedge 660 dari Jepang untuk memberikan sentuhan unik,” ucap Gerald.

Pada sektor interior, semua bagian telah dikonversi ke full black dengan sentuhan ambient biru asli dari Honda Access Japan.

“Tantangan terbesar adalah mencari panel-panel interior asli hitam dari Jepang, karena mencoba mengecat hitam sendiri tidak bertahan lama dan mudah terkelupas. Akhirnya, seluruh panel interior, termasuk jok depan Modulo X dan speedometer, didatangkan langsung dari Jepang,” kata Gerald.

Modifikasi Honda HR-V tampil sporty ala Jepangdok pribadi Gerald Fernando Modifikasi Honda HR-V tampil sporty ala Jepang

Untuk memberikan kesan mewah, bagian plafon juga diretrim lokal, tepatnya di bengkel Anang Vic Surabaya menggunakan bahan Black Alcantara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat